Mengatasi Keluhan-Keluhan Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan

masa kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang paling membahagiakan bagi tiap pasangan yang mengehendaki anak, akan tetapi di saat yang sama perubahan-perubahan fisik serta gejolak hormon yang terjadi pada ibu hamil tidak jarang mengakibatkan keluhan-keluhan selama masa kehamilan. Beberapa keluhan tergolong ringan dan dapat diatasi dengan langkah-langkah pengobatan yang sederhana. Akan tetapi, ada juga keluhan-keluhan yang menjadi petunjuk akan terjadinya komplikasi dan membutuhkan pertolongan medis dengan segera. Dan berikut adalah tips mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi pada masa kehamilan.

  • Morning Sickness

Mual-mual yang disertai dengan muntah merupakan gejala dari morning sickness yang rata-rata seringkali dialami oleh ibu hamil. Cara mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi pada masa kehamilan termasuk cara mengatasi morning sickness. Morning sickness pada umumnya muncul pada minggu-minggu awal kehamilan hingga minggu ke-9 sampai 12 minggu, sebelum morning sickness tersebut pada akhirnya akan mereda di usia kehamilan minggu ke-16.  Baca juga: Waspadai Infeksi Cytomegalovirus Pada Kehamilan

Akan tetapi morning sickness yang terlalu parah, atau yang disebut dengan emesis gravidarum berpotensi tidak hanya mengancam keselamatan ibu hamil, tetapi juga janin. Nah, cara untuk mengatasi morning sickness dapat dilakukan dengan menghindari makanan-makanan beraroma dan memiliki rasa yang tajam, dan makanan yang bersifat asam dan pedas.

Disarankan juga bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit namun sering. Tidak ada ruginya juga untuk membawa parfum aromaterapi untuk menetralisir bau-bauan yang menyengat, seperti bau parfum atau bau sampah.

  • Tidak Enak Badan/Meriang

Gejala gangguan kehamilan lain yang sering melanda oleh ibu hamil adalah badan meriang atau tidak enak badan. Badan meriang seringkali menyerang Anda ketika mencapai usia kehamilan di trimester ke-2. Meriang seringkali diasosiasikan dengan penyakit masuk angin atau flu, namun pada ibu hamil bisa juga hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon. Gejolak hormon tersebut mengakibatkan peningkatan jumlah aliran darah di permukaan kulit dan menimbulkan gejala-gejala meriang.

Untungnya, cara mengatasi meriang pada ibu hamil ini cukup sederhana. Anda hanya perlu untuk memperbanyak konsumsi air putih dan beristirahat yang cukup. Akan tetapi, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan dan menghubungi dokter jika gejala meriang disertai dengan badan yang menggigil. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda awal dari terjadinya penyakit yang dapat mengancam kehamilan.

Demikianlah beberapa tips mengatasi keluhan-keluhan yang  terjadi pada masa kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ladies.

author
No Response

Leave a reply "Mengatasi Keluhan-Keluhan Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan"