Mimisan saat hamil, Berbahayakah ?

No comment 958 views

gambar5

mimisan saat hamil – Banyak ibu hamil yang bertanya – tanya apakah mimisan saat hamil berbahaya atau tidak ? mimisan memang cenderung sering terjadi dalam masa kehamilan . Kehamilan menyebabkan pembuluh darah yang ada dihidung anda mengalami perubahan dari normal dan meningkatnya suplai darah yang menyebabkan tekanan yang lebih besar sehingga pembuluh darah akan pecah lebih awal . Pada dasarnya mimisan hanya terjadi sekali dan tidak mengeluarkan terlalau banyak darah maka tidak berbahaya bagi kehamilan anda .

Meningkatnya volume mimisan saat hamil terjadi karena alergi, cuaca dingin atau ruangan ber-AC . Perlu anda ketahui apabila anda sering mengalami mimisan segera pergi ke dokter THT untuk mengetahui penyebab utama mengapa anda mimisan . Mimisan pada saat masa kehamilan juga dapat terjadi karena kurangnya mengkonsumsi vitamin C, perubahan hormon  atau gangguan abnormal .

Apabila terjadi mimisan pada masa kehamilan anda dapat melakukan hal – hal berikut ini :

Hal yang dapat dilakukan ibu hamil saat mimisan

  • Ketika hidung mengeluarkan darah anda dapat langsung duduk dan memposisikan kepala anda lebih tinggi dibandingkan jantung anda . Beri tekanan pada lubang hidung yangb mengeluarkan darah selama lima sampai sepuluh menit .
  • Gunakan ibu jari dan sisi jari telunjuk anda untuk ditekuk, cubitlah secara lembut seluruh bagian bawah hidung dan tekanlah ke arah wajah anda.
  • Gunakan es batu untuk menyempitkan tekanan pembuluh darah . Kompreslah bagian atas hidung dan pipi pada kompresan dingin . Jangan berbaring atau memiringkan badan anda karena hal tersebut dapat menyebabkan anda menelan darah yang menyebabkan anda mual atau bahkan sampai muntah .
  • Apabila darah tidak berhenti sampai 20 menit dan mengeluarkan banyak darah segera pergi ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih baik .
  • Penuhilah cairan tubuh pada saat hamil dan konsumsi cairan tambahan untuk menjaga selaput lendir anda terhidrasi dengan baik . Hindari udara yang kering terutama musim dingin atau musim kering . Anda juga harus menghindari asap yang menyebabkan iritasi . Jangan terlalu sering menggunakan obat semprot hidung karena bahan – bahan tersebut dapat mengganggu kesehatan hidung anda . Dapat disimpulkan bahwa mimisan pada masa kehamilan tidak berbahaya .

 

Itulah ulasan sedikit tentang mimisan saat hamil yang perlu anda ketahui agar tidak terlalu khawatir saat mimisan . Baca juga Lakukan Hal ini saat Ibu Hamil Demam .

 

author
No Response

Leave a reply "Mimisan saat hamil, Berbahayakah ?"