Moms, Apakah Anda Sudah Tahu Tentang Kehamilan Kosong?

Katalogibu – Menurut sebagian moms mungkin pernah mendengar mitos yang beredar di masyarakat tetang kehamilan yang tidak ada isinya atau kosong akibat diambil oleh makhluk halus. Kejadian ini dalam ilmu medis memamng ada tetapi sama sekali tidak ada hubungannya dengan makhluk halus, dalam ilmu medis di sebut dengan kehamilan kosong atau blighted ovum.

 

Kehamilan ini biasa dikenal dengan istilah anembryonic pregnancy adalah kondisi di mana seorang wanita mengalami kehamilan, tetapi tidak ada embrio yang dihasilkan. Meskipun sel telur sudah dibuahi dan menunjukkan adanya tanda-tanda kehamilan, karena beberapa faktor, telur tersebut gagal berkembang menjadi embrio. Akibatnya, tubuh tetap dalam kondisi hamil dengan seluruh gejalanya, seperti salah satunya morning sickness, tapi tidak ada embrio yang berkembang atau kosong.

 

Biasanya juga terdeteksi ketika usia kehamilan sudah mencapai usia kandungan 7 hingga 8 minggu. Dokter bisa melakukan USG untuk melihat apakah sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma berkembang menjadi embrio. Pada usia kehamilan 5 hingga 6 minggu biasanya baru membentuk kantung kehamilan, jadi sulit untuk mengetahuinya. Jika hasil dari USG menunjukkan kantung janin sudah berukuran 25 mm dan belum ditemukan embrio, maka kemungkinan hal itu adalah hamil kosong.

 

Gejalanya tidak begitu pesifik, biasanya baru ditemukan setelah terjadi keguguran secara tiba-tiba yang disertai denngan perdarahan. Namun, gejala awalnya serupa dengan gejala kehamilan pada umumnya, seperti tidak haid, mual dan muntah, payudara mengeras, dan pembesaran perut, dari hasil pemeriksaan dengan test pack dan laboratorium juga positif, karena plasenta memang menghasilkan hormon hCG yang memberi ‘kabar’ ke indung telur (ovarium) dan otak bahwa ada hasil konsepsi di dalam rahim.

 

Untuk penanganannya terhadap kasus ini biasanya berbeda-beda, tergantung pada kondisi kehamilannya. Pada kasus kehamilan awal, mungkin dokter akan menyarankan kepada pasien menunggu seminggu, kemudian melakukan ultrasound berkelanjuta untuk memastikan tidak ada embrio yang terbentuk. Bila hasilnya memang positif, tindakan selanjutnya adalah mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim (kuretase).

 

Bagi moms yang mengalami tanda-tanda Kehamilan Kosong moms dapat berkonsultasi langsung kepada bidan atau dokter kandungan untuk lebih mengetahui kondisi moms, hal ini dikarenakan setiap individu memiliki keadaan fisik dan psikis yang berbeda-beda pada saat masa kehamilan berlangsung.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Apakah Anda Sudah Tahu Tentang Kehamilan Kosong?"