Moms, Ini Tips Menahan Rasa Sakit Pada Saat Kontraksi

bump22_w555

Kontraksi adalah sensasi menegang pada otot perut yang akan dirasakan oleh semua ibu hamil, terutama saat kehamilan Anda menginjak usia kehamilan trimester ketiga. Di usia kehamilan akhir ibu hamil akan mengalami 2 jenis kontraksi, yaitu kontraksi asli dan kontraksi palsu (Braxton Hicks). Walaupun sekilas terasa mirip, kontraksi palsu bukanlah pertanda bahwa bayi akan segera lahir. Kontraksi ini umumnya berlangsung secara acak dan akan menghilang jika Anda melakukan aktivitas ringan seperti berjalan atau meminum air. Kontraksi yang asli akan tetap terasa terlepas dari tindakan yang akan Anda lakukan, dan semakin dekat dengan hari persalinan maka rasa sakit akibat dari kontraksi ini akan menjadi semakin intens. Nah simak yuk tips untuk menahan rasa sakit pada saat kontraksi berikut ini.
• Berendam Air Hangat
Berendam di dalam bathtub yang diisi air hangat dapat menjadi tips untuk menahan rasa sakit pada saat kontraksi. Beberapa jam sebelum persalinan jika memungkinkan Anda dapat meminjam fasilitas bath tub atau shower dengan air hangat di rumah sakit.

Air hangat memiliki khasiat yang luar biasa dalam melemaskan sekaligus merilekskan otot-otot tubuh, tak terkecuali otot-otot rahim dan otot-otot tulang belakang. Selain itu berendam air hangat juga dapat membantu ibu hamil lebih tenang dan lebih siap untuk menghadapi hari persalinan.
• Menerima Pemijatan
Apabila di rumah sakit bersalin tempat Anda dirawat tidak terdapat akses bathtub atau air hangat, jangan putus asa dulu Moms. Karena Anda dapat meminta tolong kepada pasangan Anda untuk memijat Anda agar rasa nyeri akibat kontraksi berkurang. Ambil posisi duduk sambil memeluk guling atau bantal, dan biarkan pasangan Anda memijat punggung dan pinggul Anda. Anda juga dapat meminta pasangan Anda untuk menggunakan minyak aromaterapi untuk memberikan efek relaksasi pada Anda selama pemijatan berlangsung.
• Melakukan Olahraga Yoga
Olahraga sejak lama diketahui sebagai salah satu cara yang paling sangat efektif untuk membantu melenturkan otot dan mengurangi rasa cemas. Olahraga ringan seperti berenang dan yoga sangat disarankan bagi para ibu hamil.

Bagi Anda yang mengalami kontraksi beberapa jam sebelum melahirkan, Anda dapat melakukan beberapa gerakan olahraga yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Olahraga yoga ini tidak hanya dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri akibat kontraksi, tapi juga dapat membantu Anda agar lebih rileks dan tenang.
Selamat mencoba tips menahan rasa sakit pada saat kontraksi di atas, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Tips Menahan Rasa Sakit Pada Saat Kontraksi"