Moms, Inilah Perubahan Pada Payudara Selama Kehamilan

KatalogIbu – Kehamilan adalah fase yang sangat ditunggu – tunggu bagi setiap wanita yang sudah menikah. Tetapi, pada awal kehamilan sering membuat calon ibu merasa tidak nyaman karena beberapa perubahan yang dialaminya. Sebab, bukan hanya perut membuncit yang memiliki perubahan cepat melainkan juga terjadi pada payudara. Lantas, seperti apa perubahan pada payudara selama kehamilan? Yuk, intip ulasan di bawah ini!

 

  1. Terasa sakit

Rasa sakit pada payudara memang kerap terjadi terutama pada awal kehamilan. Rasa sakit ini terjadi karena perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Perubahan hormon ini juga mengakibatkan payudara sangat sensitif, gatal dan tentunya sakit saat tersentuh. Eits, tapi Moms jangan khawatir, seiring dengan proses kehamilan rasa sakit akan perlahan mulai berkurang bahkan hilang.

 

  1. Membesar

Selain rasa sakit, perubahan lainnya pada payudara adalah bentuknya yang juga akan membesar dan berat dan disertai rasa gatal dan peregangan kulit. Hal ini biasanya terjadi pada minggu ke-6 masa kehamilan.

 

  1. Perubahan Puting

Bagian payudara satu ini, yakni puting juga akan berubah seiring masa kehamilan. Bagian tersebut akan tampak membesar dan aerola (daerah gelap di sekitar puting) akan meluas. Selain itu, terdapat bintik – bintik kecil di sekitar aerola juga akan membesar dan berminyak yang bertujuan untuk melindungi puting dan aerola agar tidak luka dan kering.

 

  1. Transparan

Transparan yang dimaksudkan disini adalah kondisi terlihatnya urat halus yang ada di dalam payudara sehingga calon ibu bisa melihatnya. Perubahan ini terjadi disebabkan karena meningkatnya aliran darah menuju payudara. Oleh karena itu, urat menjadi lebih gelap dan lebih menonjol ke permukaan.

 

  1. Bocor

Pada minggu ke-16, sebagian wanita hamil biasanya mengalami kebocoran kolostrum. Sehingga cairan yang berwarna kekuningan atau kecokelatan seperti bocor (keluar). Cairan ini akan terus diproduksi sampai saat menyusui.

 

Nah, itulah beberapa perubahan yang sering terjadi pada payudara selama masa kehamilan. So, disarankan Anda lebih sering mengganti BH yang mendukung payudara dan membuat Anda nyaman. Pilih BH dengan ukuran yang sesuai, tidak ada penyangga kawat, tali lebih besar, dan terbuat dari katun sehingga dapat menyerap keringat.

 

Eits, tapi jangan khawatir perubahan pada payudara selama kehamilan akan kembali semula setelah tidak lagi menyusui. Namun, untuk stretch mark bisa jadi tidak hilang di seputar payudara.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Inilah Perubahan Pada Payudara Selama Kehamilan"