Moms, Kenali Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu Hamil

Katalogibu – Carpal Tunnel Syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal) adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk. Hal ini sering terjadi pada ibu hamil, karena seiring dengan perkembangan janin sehingga tubuh akan menahan cairan. Beberapa bagian tubuh akan mengalami pembengkakan, sehingga menyebabkan penekanan pada saraf. Gejala yang muncul biasanya berkembang secara perlahan dan akan bertambah para pada malam hari.

Gejala Carpal Tunnel Syndrome yang muncul biasanya terjadi pada salah satu atau kedua tangan sekaligus. Kebanyakkan kasus ini menyerang keduanya yang memungkin ibu jari melemah, rasa tertusuk pada jari tangan, rdan asa sakit yang menjalar ke tangan atau lengan.

Untuk Penyebab terjadinya CTS sendiri dikarenakan adanya saraf median yang tertekan atau terhimpit. Tetapi, ada beberapa hal juga yang bisa meningkatkan risiko seseorang menderita CTS diantaranya faktor keturunan keluarga dan akibat cedera pada pergelangan tangan.

Hampir setengah dari wanita hamil mengalami CTS. Umumnya kondisi ini terjadi di pagi hari karena adanya akumulasi cairan di malam hari, atau dapat juga terjadi sepanjang hari. CTS dapat terjadi seiring dengan janin yang semakin membesar, terutama pada trimester kedua sampai ketiga.

Cara untuk mengatasi gangguan tersebut cobalah beberapa gerakan ini. Petama, naikkan lengan sampai keatas kepala untuk beberapa menit, gerakkan pergelangan tangan ke depan belakang perlahan-lahan, lalu gerakkan jari ke depan dan belakang. KGerakkan bahu ke depan dan belakang untuk mengurangi tekanan pada saraf medianus. Selanjutnya, pada malam hari cobalah untuk tidak tidur menindihi tangan. Dan yang terakhit sering-seringlah menggerakan jari-jari, dengan begitu dapat membantu mengurangi keluhan yang dirasakan.

Apabila kondisi ini tidak membaik dengan latihan diatas, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan semacam bidai ditangan guna memposisikan tangan dan mengurangi rasa tidak nyaman. Bidai ini akan membatasi gerak yang dapat dipakai di malam hari.

Bila beragam proses pengobatan ringan dan sedang tidak berhasil, prosedur operasi mungkin bisa dilakukan setelah melalui berbagai pemeriksaan. Namun jangan khawatir, seperti yang sudah di singgung diatas, CTS pada kehamilan biasanya bersifat ringan dan akan hilang sendiri setelah ibu melahirkan. Itulah Carpal Tunnel Syndrome yang biasa menyerang ibu hamil, semoga artikel ini dapat menambah informasi bunda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Kenali Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu Hamil"