Moms, Simak Cara Memperlancar Persalinan Yuk

No comment 4064 views

Cara Memperlancar Persalinan

Persalinan merupakan saat yang paling membahagiakan, sekaligus yang paling menakutkan bagi para ibu hamil. Dalam beberapa minggu, atau bahkan dalam beberapa hari Anda akan bertemu dengan buah hati yang telah Anda tunggu-tunggu selama 9 bulan. Akan tetapi di saat yang sama Anda mungkin juga merasa grogi atau bahkan takut karena Anda sering mendengar peristiwa persalinan yang tidak berlangsung dengan lancar. Untungnya, ada beberapa cara memperlancar persalinan yang sangat berguna bagi Anda nantinya.

  • Rajin Berolahraga

Salah satu cara memperlancar persalinan yang paling mudah dan dapat Anda lakukan sejak masa-masa kehamilan awal adalah dengan rajin berolahraga. Seiring dengan bertambahnya berat kandungan ditambah dengan gejala kelelahan seringkali membuat ibu hamil menjadi semakin malas berolahraga. Baca juga: Melahirkan Normal Dengan Kondisi Mata Minus? Bisa!

Padahal Moms, dengan melakukan aktivitas olahraga tidak hanya Anda dapat menjaga berat badan ideal, tubuh Anda pun akan menjadi lebih fit. Olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit, berenang, atau senam kegel dapat membantu menguatkan otot-otot di sekitar pinggul dan paha sehingga dapat membantu proses persalinan yang cepat, lancar dan tidak terlalu menyakitkan. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk menentukan jenis olahraga yang aman bagi Anda dan janin.

Aktivitas olahraga untuk memperlancar persalinan ternyata juga bisa Anda lakukan di rumah tanpa harus keluar ke pusat olahraga atau melakukan senam hamil, Moms. Salah satu olahraga yang termudah adalah dengan latihan berjongkok. Latihan berjongkok selama yang dilakukan secara rutin dipercaya mampu memperkuat otot paha dan otot perut. Hal itu tentunya sangat penting untuk diketahui, karena otot perut dan otot paha-lah yang nanti akan menentukan cepat tidaknya proses persalinan Anda.

Dengan berlatih jongkok, dipercaya mampu meningkatkan elastisitas jalan lahir hingga sebanyak 20-30 persen. Proses persalinan pun akan terasa lebih cepat, Anda tidak perlu khawatir akan adanya halangan yang mengakibatkan bayi harus ditarik keluar dengan bantuan alat forceps, atau alat penjepit.

Jenis olahraga lain yang bisa Anda lakukan mendekati waktu persalinan adalah dengan mengepel lantai dengan menggunakan tangan. Sekilas pastinya akan terdengar tidak praktis jika dibandingkan dengan menggunakan alat pengepel lantai. Tapi, dengan melakukan aktivitas mengepel ini, otot paha, pinggang, dan otot perut Anda akan menjadi semakin kuat. Tapi, jangan lupa untuk beristirahat jika Anda merasa lelah, Moms.

  • Menggunakan Minyak Aromaterapi

Seringkali menjelang persalinan Anda akan merasa tegang, dan tanpa disadari perasaan tegang tersebut membuat otak memerintahkan kalenjar hormon untuk menghasilkan senyawa-senyawa kimia yang semakin menguatkan rasa sakit tersebut.

Reaksi tubuh tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan pijat aromaterapi, atau dengan menghirup aroma minyak aromaterapi melalui insence. Beberapa jenis aromaterapi yang disarankan untuk Anda gunakan selama proses persalinan antara lain rose oil, yang mampu membantu mengontrol ketegangan otot, aromaterapi minyak lada hitam dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan stamina selama proses persalinan. Minyak lavender berfungsi untuk membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pasca=persalinan.

  • Akupuntur

Akupuntur tidak hanya bermanfaat untuk meringankan morning sickness bagi ibu hamil, tetapi juga untuk membantu meringankan rasa sakit akibat kontraksi sekaligus membantu kelancaran persalinan.

Praktik akupuntur yang diterapkan pada ibu hamil yang sebentar lagi akan menjalani masa persalinan pada umumnya akan menusukkan jarum akupuntur yang steril di beberapa titik tubuh untuk membantu tubuh melepaskan hromon endorfin dan serotonin. Kedua hormon tersebut merupakan happy hormones yang dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih santai, rileks sehingga proses persalinan pun akan berlangsung dengan lancar. Dan karena akupuntur tidak dapat (dan tidak boleh) dilakukan sendiri pastikan Anda menemukan acupunturist yang mengantongi sertifikat ya, Moms.

  • Berhubungan Seks

Mungkin cara memperlancar persalinan satu ini terdengar sedikit aneh dan mungkin awkward bagi Anda. Terlebih lagi saat kehamilan Anda mencapai usia kehamilan akhir, pastinya badan Anda terasa terlampau berat sehingga Anda pun menjadi sedikit enggan untuk berhubungan suami istri.

Tapi ternyata berhubungan seksual selama masa kehamilan justru disarankan untuk membuat ibu menjadi lebih rileks dan membuat persalinan menjadi terasa lebih cepat dan mudah. Pasalnya adalah karena ketika Anda berhubungan seksual, tubuh Anda akan menghasilkan hormon oksitoksin. Hormon oksitoksin merupakan salah satu “happy hormones” yang memicu perasaan Anda menjadi lebih gembira dan meringankan rasa stres sebelum hari persalinan tiba.

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu Anda ingat. Yaitu cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki kehamilan normal dan tidak bermasalah. Jika Anda telah didiagnosis beberapa gangguan kehamilan seperti plasenta bayi yang merembes atau masalah kehamilan yang lain, maka sebaiknya Anda menghindari aktivitas seks. Alasannya adalah karena salah satu zat yang terkandung di dalam sperma adalah zat prostaglandin, yang dapat meningkatkan kontraksi pada ibu hamil.

  • Mengkonsumsi Kurma

Selain melakukan kegiatan di atas untuk cara memperlancar persalinan, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan  Anda, terutama saat menginjak usia kehamilan trimester akhir. Salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi adalah buah kurma. Buah dari gurun pasir ini tidak hanya memiliki rasa manis yang sangat enak, tetapi juga mengandung berbagai macam zat makanan, seperti zat karbohidrat, serat, kalium, kalsium, magnesium, vitamin B kompleks, dan zat besi.

Selain itu menurut penelitian, kurma juga kaya akan kandungan hormon potuchin. Hormon ini memiliki fungsi untuk memperkuat rahim dan otot-otot rahim, sehingga mampu mengurangi resiko terjadinya pendarahan pada ibu selama masa persalinan maupun pasca melahirkan. Tak hanya itu, kurma juga mengandung sejumlah hormon lain, yaitu hormon oksitoksin yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memicu terjadinya kontraksi. Selain itu, hormon oksitoksin juga befungsi untuk melancarkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

Dan bagi Anda yang ingin merasakan langsung khasiat dari buah kurma ini, Anda tidak hanya dapat memperolehnya langsung dari mengkonsumsi buah tersebut secara langsung, tetapi juga bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi sirup sari kurma.

Demikianlah beberapa cara memperlancar persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ladies.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Cara Memperlancar Persalinan Yuk"