Moms, Simak Cara Memperlancar Persalinan Yuk

No comment 262 views

Cara Memperlancar Persalinan

Persalinan merupakan saat yang paling membahagiakan, sekaligus yang paling menakutkan bagi para ibu hamil. Dalam beberapa minggu, atau bahkan dalam beberapa hari Anda akan bertemu dengan buah hati yang telah Anda tunggu-tunggu selama 9 bulan. Akan tetapi di saat yang sama Anda mungkin juga merasa grogi atau bahkan takut karena Anda sering mendengar peristiwa persalinan yang tidak berlangsung dengan lancar. Untungnya, ada beberapa cara memperlancar persalinan yang sangat berguna bagi Anda nantinya.

  • Rajin Berolahraga

Salah satu cara memperlancar persalinan yang paling mudah dan dapat Anda lakukan sejak masa-masa kehamilan awal adalah dengan rajin berolahraga. Seiring dengan bertambahnya berat kandungan ditambah dengan gejala kelelahan seringkali membuat ibu hamil menjadi semakin malas berolahraga. Baca juga: Melahirkan Normal Dengan Kondisi Mata Minus? Bisa!

Padahal Moms, dengan melakukan aktivitas olahraga tidak hanya Anda dapat menjaga berat badan ideal, tubuh Anda pun akan menjadi lebih fit. Olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit, berenang, atau senam kegel dapat membantu menguatkan otot-otot di sekitar pinggul dan paha sehingga dapat membantu proses persalinan yang cepat, lancar dan tidak terlalu menyakitkan. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk menentukan jenis olahraga yang aman bagi Anda dan janin.

  • Menggunakan Minyak Aromaterapi

Seringkali menjelang persalinan Anda akan merasa tegang, dan tanpa disadari perasaan tegang tersebut membuat otak memerintahkan kalenjar hormon untuk menghasilkan senyawa-senyawa kimia yang semakin menguatkan rasa sakit tersebut.

Reaksi tubuh tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan pijat aromaterapi, atau dengan menghirup aroma minyak aromaterapi melalui insence. Beberapa jenis aromaterapi yang disarankan untuk Anda gunakan selama proses persalinan antara lain rose oil, yang mampu membantu mengontrol ketegangan otot, aromaterapi minyak lada hitam dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan stamina selama proses persalinan. Minyak lavender berfungsi untuk membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pasca=persalinan.

  • Akupuntur

Akupuntur tidak hanya bermanfaat untuk meringankan morning sickness bagi ibu hamil, tetapi juga untuk membantu meringankan rasa sakit akibat kontraksi sekaligus membantu kelancaran persalinan.

Praktik akupuntur yang diterapkan pada ibu hamil yang sebentar lagi akan menjalani masa persalinan pada umumnya akan menusukkan jarum akupuntur yang steril di beberapa titik tubuh untuk membantu tubuh melepaskan hromon endorfin dan serotonin. Kedua hormon tersebut merupakan happy hormones yang dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih santai, rileks sehingga proses persalinan pun akan berlangsung dengan lancar. Dan karena akupuntur tidak dapat (dan tidak boleh) dilakukan sendiri pastikan Anda menemukan acupunturist yang mengantongi sertifikat ya, Moms.

Demikianlah beberapa cara memperlancar persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ladies.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Cara Memperlancar Persalinan Yuk"