Moms, Waspadai 3 Resiko Kehamilan Muda Berikut Yuk

Kehamilan tentunya akan selalu menjadi hal yang menggembirakan, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Tentunya baik Anda dan pasangan akan mempersiapkan berbagai macam hal untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat hingga 9 bulan ke depan. Di usia kehamilan trimester pertama ini ibu akan mengalami gejala-gejala kehamilan seperti morning sickness, morning sickness dan edema di bagian kaki. Selain itu, ada juga beberapa resiko kehamilan muda yang wajib diwaspadai. Simak informasinya berikut yuk.

 

  • Keguguran

Resiko kehamilan muda yang paling umum terjadi adalah keguguran. Menurut laporan medis, kebanyakan kehamilan muda yang berakhir pada keguguran umumnya terjadi di usia kehamilan sebelum 13 minggu. Penyebab dari keguguran tersebut sebenarnya bermacam-macam. Menurut Kongres Kebidanan dan Ginekolog Amerika, sebesar 50% kasus keguguran disebabkan oleh kelainan kromosom.

 

Sedangkan 50% kasus keguguran yang lain disebabkan oleh terjadinya pembengkakan pada indung telur, atau terjadinya kondisi medis dimana terjadi kehamilan kosong, yaitu kehamilan dimana kantong rahim dan plasenta sudah terbentuk namun tidak ditemukannya embrio di dalam rahim. Selain itu, faktor lain yang memperbesar kemungkinan terjadinya keguguran di trimester pertama adalah penggunaan obat-obatan terlarang, konsumsi alkohol, dan merokok.

 

  • Kehamilan Ektopik

Pernah mendengar istilah satu ini, Moms? Kehamilan ektopik adalah suatu komplikasi kehamilan dimana embrio tertanam bukan di dinding rahim melainkan di tuba fallopi atau pada bagian serviks. Umumnya hal tersebut terjadi karena adanya pembengkakan pada saluran kehamilan sehingga mengakibatkan embrio tidak dapat memasuki rahim.

 

Saluran kehamilan atau tuba fallopi tidak didesain untuk menampung pertumbuhan janin. Jika kehamilan ektopik tersebut dibiarkan saja, maka tuba fallopi bisa robek dan mengakibatkan pendarahan berat yang dapat membahayakan nyawanya. Ibu yang mengalami pendarahan berat ini wajib segera dilarikan ke rumah sakit dan memperoleh pertolongan.

 

  • Resiko Bayi Terlahir Cacat

Di 3 bulan usia kehamilan pertama, bisa dibilang merupakan usia kehamilan yang paling rentan. Organ-organ vital dan organ tubuh bayi masih memasuki tahap perkembangan awal, ditambah kondisi kesehatan ibu yang rendah memungkinkan ibu terserang penyakit yang dapat berakibat pada terhambatnya perkembangan si kecil. Penyakit seperti Cytomegalovirus, Rubella, Syphillis, dan Toxoplasma adalah sebagian kecil dari penyakit yang dapat mengancam kesehatan dan perkembangan janin di dalam rahim.

 

Bayi bisa saja mengalami gangguan pada organ jantung sehingga mengakibatkan ia mengidap kelainan jantung seumur hidupnya. Bayi juga berisiko terkena spina bifida atau penyakit cacat tulang belakang lainnya. Tak hanya itu, beberapa bayi juga mengalami kecacatan fisik seperti bibir sumbing atau cacat pada kaki dan tangannya juga bisa terjadi.

 

Demikianlah 3 resiko kehamilan muda yang wajib Anda ketahui. Jaga kehamilan dengan mengikuti gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi, ya.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Waspadai 3 Resiko Kehamilan Muda Berikut Yuk"