Morning Siskness Pada Ibu Hamil, Tanda Apa?

No comment 2457 views

Rasa Sakit Ibu Hamil

Ibu hamil – Bunda, pernahkah mengalami kasus mual-mual dan muntah pada pagi hari? Kasus semacam ini memang cukup sering terjadi pada ibu hamil. Kasus mual-mual atau sering muntah pada pagi hari ini sebenarnya lebih dikenal dengan istilah morning sickness. Apakah ada bahaya tertentu pada kasus morning sickness ini?

Kasus muntah pagi ibu hamil ini memang kerap kali menjadi momok yang menakutkan. Pasalnya, setelah mengalami morning sickness ini, beberapa ibu hamil akan merasa lemas, tidak bersemangat, bahkan malas makan. Sebuah efek yang merugikan memang. Akan tetapi, ternyata ada pertanda yang sangat baik lho tentang terjadinya morning sickness pada ibu hamil.

Menurut sebuah penelitian di Kanada, ibu hamil yang menderita mual di pagi hari ini selama proses kehamilan akan menghasilkan keturunan yang cerdas dan memiliki IQ tinggi, lho. Sungguh sangat diluar dugaan dan kekhawatiran Bunda selama ini bukan?

Hasil penelitian ini diketahui setelah tim ilmuwan dari The Hospital for Sick Children di Toronto melakukan penelitian sejak tahun 1998 hingga tahun 2003 dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 121 ibu hamil. Selain itu, penelitian ini juga diperkuat dengan adanya tes IQ terhadap anak-anak ibu hamil tersebut ketika mereka mulai menginjak usia 3-7 tahun.

Ternyata, dari hasil penelitian tersebut terungkap fakta baru bahwa ketika ibu hamil muda dan ibu hamil tua merasakan sakit hal ini akan memicu munculnya hormon yang berpengaruh pada perkembangan otak janin yang berada dalam kandungannya. Hasil penelitian ini juga telah dipublikasikan secara online dalam The Journal of Pediatrics.

Memang morning sickness bukanlah satu-satunya penentu utama akan kecerdasan janin yang ada dalam kandungan ibu hamil. Tingkat IQ, status sosial-ekonomi, serta gaya hidup ibu hamil muda dan tua yang tidak pernah mengonsumsi minuman beralkohol juga ikut berpengaruh pda kecerdasan bayi yang dilahirkan.

Selain itu, rekan ilmuwan lainnya, yakni Dr. Irena Nulman juga meyakini bahwa timbulnya rasa sakit yang dialami ibu selama masa kehamilan ini dapat menajdi efek samping dan perubahan tingkat hormon ibu hamil yang dikenal dengan hormon HCG (Human Chronic Gonadotropin) dan tiroksin.

Apakah sekarang Bunda lebih bisa bernapas lega setelah membaca penjelasan dalam tulisan ini? Ibu hamil 7 bulan atau ibu hamil muda tak perlu terlalu cemas dengan gejala muntah dan sakit yang sering dialami ini. Akan tetapi, Bunda juga dapat sesekali datang untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa hal ini adalah sesuatu yang normal sekaligus memeriksakan kondisi buah hati agar tetap prima dalam rahim ibu hamil sehat.

author
No Response

Leave a reply "Morning Siskness Pada Ibu Hamil, Tanda Apa?"