Nutrisi Wajib Saat Hamil Muda

No comment 158340 views

hamil muda 

Nutrisi Ibu Hamil muda? Wah, tentunya ini kabar yang menggembirakan dong, Bunda? Eits, tetapi jangan berlama-lama larut dalam kegembiraan saja lho ya. Hal penting yang harus dipikirkan selanjutnya adalah bagaimana memenuhi nutrisi saat hamil.

Umumnya, nutrisi hamil diperoleh dari makanan sehat dan bergizi misalnya melalui menu lengkap 4 sehat 5 sempurna. Lantas, nutrisi hamil seperti apa saja sih yang dibutuhkan Bunda saat hamil muda? Nih, simak 4 nutrisi ibu hamil muda yang di bawakan oleh tim katalogibu.com berikut ini:

  1. Folic acid

Folic acid ini sangat dibutuhkan sejak usia kehamilan awal. Zat yang satu ini dapat membantu mempersiapkan rahim dan mengurangi risiko terjadinya spina bifida atau keadaan di mana tulang belakang bayi tidak tertutup dengan sempurna. Folic acid ini dapat ditemukan pada makanan sehat untuk wanita hamil sepeti brokoli, kembang kol, wortel, kacang kedelai, jeruk, dan alpukat.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 ini dibutuhkan ibu hamil untuk meredakan ketidaknyamanan saat terjadi mual dan muntah yang kerap melanda saat hamil muda. Nah, Anda dapat menemukan vitamin B6 ini pada beras merah, daging ayam, ikan, jagung, gandum, dan juga pisang.

  1. Vitamin E

Vitamin E ini juga tak boleh dilewatkan oleh ibu hamil muda lho. Pentingnya vitamin E saat hamil adalah dapat membantu pembentukan sel darah merah yang sehat. Nah, agar tubuh dan janin selalu bisa memproduksi sel darah merah ini maksimalkan makanan seperti biji-bijian, terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan tak pernah ketinggalan yaitu sayuran hijau.

  1. Magnesium

Magnesium ini berfungsi memperlancar pertumbuhan janin pada trimester awal, di antaranya menambah berat dan panjang janin serta membantu terbentuknya lingkar kepala saat lahir. Di mana harus mendapatkan magnesium ini? Tenang saja, Anda bisa dengan mudah menemukannya pada makanan sejenis kacang, melon, gandum, dan sayuran hijau.

  1. Kalsium

Kalsium ini selain bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janin juga dapat mengurangi rasa ngilu yang dirasakan saat menyusui nanti. Selain pada susu, kalsium dapat Anda temukan pada berbagai sayuran hijau, ikan salmon, yoghurt, keju, dan produk olahan susu lainnya yang diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk tulang ini.

  1. Omega 3

Salah satu nutrisi makanan yang tidak kalah pentingnya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah asam lemak omega 3. Omega 3 terdiri dari asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA). Asam lemak Omega 3 merupakan nutrisi makanan yang sangat dibutuhkan oleh janin karena dapat mendukung perkembangan otak, sistem saraf, serta organ penglihatan bayi. Asupan lemak omega 3 yang cukup selama masa kehamilan, tidak hanya dapat membantu mencegah sindrom autism pada bayi, tetapi juga melindungi janin dari resiko kelahiran prematur.

Sumber terbesar dari lemak omega 3 adalah ikan laut dengan ciri tubuh yang langsing, seperti tuna, salmon, sarden, dan ikan cod. Namun, ibu wajib berhati-hati agar tidak mengkonsumsi ikan-ikan tersebut terlalu sering. Alasannya adalah karena hampir semua ikan laut memiliki sejumlah kecil kadar merkuri di dalam tubuhnya, sehingga konsumsi ikan yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan keracunan merkuri dan mengancam keselamatan nyawa dan janin Anda.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih jenis makanan lain, seperti telur ayam, buah alpukat, oatmeals, dan minyak-minya tertentu, seperti minyak kanola, minyak walnut, dan minyak kedelai.

Nah, itulah beberapa nutrisi penting didapatkan saat hamil muda. Dengan nutrisi yang cukup, secara tidak langsung Anda telah memberikan ‘makanan’ untuk janin dalam rahim untuk dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Bagaimana, siap untuk berburu nutrisi hari ini bun? Nah, itulah tadi merupakan nutrisi wajib saat hamil muda yang dapat kami berikan, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat!

author
No Response

Leave a reply "Nutrisi Wajib Saat Hamil Muda"