Olahraga untuk Mendukung Kesuburan Pria

Katalogibu – Tidak hanya wanita, kesuburan pria juga berperan penting dalam mencapai kehamilan. Sel telur bisa dikatan sehat dan apabila memiliki jumlah, bentuk dan daya gerak yang normal. Untuk itu perlu adanya dukungan olahraga agar kondisi tubuh bugar yang natinya bisa mebuat kondisi sel telur dalam keadaan baik. Berikut olahraga untuk mendukung kesuburan sel telur pria.

 

Salah satu olahraga yang bisa meningkatkan kesuburan adalah kardio. Diantaranya olahraga kardio yang bisa dilakukan antara lain lompat tali, lari, berenang, jalan cepat, naik turun tangga, bahkan hiking. Semua contoh olahraga di atas sama efektifnya dengan lari yang dapat membantu memacu kesehatan jantung dan paru-paru. Dan jika dilakukan dengan kosisten akan berdampak positif pada kualitas sel telur.

 

Perlu di ketahui bahwa bahwa kualitas banyak sedikitnya sel telur yang diproduksi dapat dipengaruhi oleh kesehatan jantung. Karena jantung bertanggung jawab menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Semakin sehat jantung maka dia akan melakukan tugasnya dengan baik, termasuk mengalirkan darah yang beroksigen ke organ pria yang memproduksi sel telur.

 

Tapi perlu diperhatikan juga saat berolahraga, karena olahraga yang berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya kualitas sel telur. Meskipun olahraga manfaatnya banyak, namun intesitas olahraga juga perlu di perhatikan. Olahraga yang terlalu keras dapat mengakibatkan gangguan kesehatan tubuh, pingsan, penurunan kualitas sel telur, dan henti jantung yang akibatnya bisa fatal yaitu kematian.

 

Menurut para ahli olahraga sebaiknya dilakukan seminggu sebanyak 3 kali. Setiap sesi sebaiknya dilakukan dengan intensitas sedang saja, sekitar setengah jam-an. Olahraga bisa dilakukan bergantian di antara olahraga yang sudah disebutkan tadi, tujuannya agar tidak bosan dan tetap mnejaga kebugaran.

 

Oh ya, ada olahraga yang tidak disarankan ketika ingin mendapatkan keturunan yaitu bersepeda. Meskipun menyehatkan jika olahraga ini dilakukan dengan frekuensi yang sering dapat membahayakan kualitas sel telur karena adanya peningkatan suhu di area penghasil sel telur pria. Dengan suhu yang tinggi dapat mengkibatkan terbunuhnya sel telur pada pria. Selain itu tekanan pada sadel sepeda mengakibatkan gangguan di area produksi sel telur.

 

Sudah rutinkah anda berolahraga? Untuk mendapakkan keturunan memang perlu adanya usaha baik dari pihak wanita maupun pria harus saling mendukung. Untuk itu, para pria mulailah rutin berolahraga yang diantaranya berfungsi untuk meningkatkan kesuburan pria.

author
No Response

Leave a reply "Olahraga untuk Mendukung Kesuburan Pria"