Cara Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil Terbaik

No comment 2269 views

Panduan Lengkap Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil – Diare akan mengakibatkan dehidrasi jika tidak cepat ditangani, apalagi jika ibu hamil diare akan menjadi hal yang menyusahkan. Hal ini sering terjadi pada ibu hamil yang pola makannya tidak sehat serta makan makanan yang terlalu pedas atau asam. Diare saat hamil seharusnya tidak boleh diremehkan karena menyangkut kesehatan ibu hamil maupun janin dalam kandungan.

Beberapa faktor penyebab ibu hamil diare yaitu, ibu hamil yang minum susu berlebihan sehingga usus sulit mencerna akibat kandungan laktosa pada susu kemudian hal tersebut akan mengakibatkan diare. Tidak hanya itu, ibu hamil yang kurang disiplin menjaga pola makanannya akan terinfeksi bakteri parasit seperti E coli, adenovirus, dan lain – lain sehingga ibu hamil mengalami diare.

Faktor lain yang menyebabkan ibu hamil diare adalah adanya perubahan hormon, peningkatan produksi hormon yang pesat saat hamil akan mengakibatkan produksi asam lambung dan sistem pencernaan dalam tubuh terganggu, hal inilah yang menyebabkan diare saat hamil. Hal lain juga bisa disebabkan karena sistem pencernaan ibu hamil jadi lebih sensitif terhadap beberapa makanan tertentu atau perubahan pola makan ketika hamil.

Untuk cara mengobati ibu hamil diare yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat ramuan oralit, Anda bisa membelinya di apotek terdekat atau bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan gula dan garam dalam air putih, Anda juga bisa membeli minuman isotonik yang tersedia di toko – toko atau swalayan.

Selain itu Anda harus menghentikan konsumsi susu dan olahan susu lainnya, serta hentikan juga mengonsumsi roti, pasta, makanan olahan dan buah – buahan serta sayuran seperti apel, pear, jagung manis, kentang, kubis, dan gandum.

Selain minum oralit Anda juga bisa memperbanyak minum air putih yang dicampur dengan madu. Perbanyak konsumsi folat dan kurangi konsumsi vitamin D. Ibu hamil diare memanglah masalah yang wajar jika diare tersebut  dalam level yang ringan, namun jika diare hingga menyebabkan dehidrasi, Anda harus segera menghubungi dokter.

Karena dehidrasi saat hamil akan memperngaruhi kekuatan tubuh, serta kerja ginjal dan organ lainnya. Dampaknya akan dirasakan oleh tumbuh kembang janin yang ada di dalam rahim. Beberapa kasus diare bisa jadi akan berhenti sendiri setelah beberapa waktu karena merupakan bentuk penyesuaian tubuh kita terhadap pola makan yang mendadak berubah (bila terjadi di awal kehamilan).

Perhatikan juga karena ada beberapa obat-obatan yang mungkin Anda konsumsi selama masa kehamilan yang bisa mengakibatkan Anda diare. Namun, penghentian konsumsi obat atau vitamin ini juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Nah, itlah tadi merupakan cara cara mengatasi diare pada ibu hamil yang dapat kami berikan untuk bunda, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda semua!

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil Terbaik"