Panduan Senam Hamil Usia 6-8 Bulan

No comment 20318 views

senam-hamil-10

Halo Bun, sudah memasuki trimester akhir ya? Selain dengan menjaga pola makan, banyak hal yang perlu Bunda lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan janin, misalnya dengan rutin melakukan senam hamil. Aktivitas fisik selama hamil tentu saja bisa memperlancar persalinan dan mengurangi rasa bosan.

Namun, selama mengikuti gerakan senam Bunda juga harus ingat bahwa kandungan sudah memasuki trisemester ketiga. Beberpa gerakan senam hamil di bawah ini cocok untuk usia kehamilan 6-8 bulan:

  • Hands and Back Up Train

Gerakan senam hamil ini dimulai dengan mengangkat lengan lurus di atas kepala dan telapak tangan saling berhadapan. Pertahankan posisi tersebut selama 20 detik. Setelah melakukan gerakan tersebut, lakukan peregangan dengan melebarkan kedua lengan. Bunda perlu mengulang gerakan ini selama lima kali agar hasilnya maksimal.

  • Hip

Awali gerakan senam dengan berbaring, posisi lutut ditekuk hingga perut. Tarik napas melalui hidung lalu kencangkan otot bagian perut dan bokong seperti mengejan untuk melatih persalinan. Tahan gerakan ini selama 5 detik dan hembuskan napas melalui mulut secara perlahan serta rileks. Bunda perlu melakukan gerakan senam hamil ini sesering mungkin sejak memasuki trimester ketiga.

  • Mencium Lantai

Gerakan ini sangat baik untuk memperbaiki posisi janin agar kepalanya mengarah ke panggul. Awali gerakan senam hamil ini dengan berjongkok dan mulai membungkukkan badan secara perlahan hingga mencium lantai. Tahan posisi ini selama 10 detik ya Bun. Setelah itu, Anda bisa kembali ke posisi semula dan lakukan gerakan ini hingga kepala janin mengarah ke mulut rahim.

  • Jalan Kaki

Jalan kaki ini bukan hanya baik saat memasuki trimester ketiga. Sejak awal kehamilan, sebaiknya Anda rutin berjalan kaki untuk memperlancar peredaran darah. Dianjurkan, ibu hamil perlu jalan kaki selama 30 menit dalam satu hari.

Nah, beberapa senam hamil ini bisa menjadi aktivitas seru yang mengisi waktu luang. Selain itu melakukan senam hamil pada usia kehamilan yang telah mendekati waktu persalinan ini sangat perlu karena kondisi fisik ibu hamil yang semakin menurun saat hamil tua sehingga dianjurkan untuk melakukan kegaitan fisik yang ringan agar membantu kebugaran tubuh dalam menghadapi persalinan.

Olahraga ringan yang dilakukan oleh ibu hamil sangat bermanfaat untuk mengontrol naiknya berat badan dan dapat mengatasi masalah kehamilan seperti diabetes, bengkak dan sulit tidur. Senam ibu hamil juga dipercaya dapat melancarkan proses persalinan karena dengan senam maka kekuatan otot panggul akan terlatih, mengingkatkan elastisitas otot pada jalan keluar bayi, meningkatkan elastisitas otot panggul, serta menguatkan otot perut dan masih banyak lagi.

Tapi perlu Anda ketahui bahawa tidak semua ibu hamil dapat melakukan senam kehamilan, contohnya ibu hamil yang mempunyai riwayat pendarahan, abortus, preeklampsi. Ibu hamil yang mempunyai penyakit seperti kelainan pernafasan, ginjal, anemia, dan penyakit jantung. Untuk itu sebaiknya sebelum melakukan senam hamil Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kapan senam hamil baik dilakukan? Waktu yang tepat untuk melakukan senam pada ibu hamil yaitu pada usia kehamilan 22 minggu. Anda dapat melakukan senam hamil di rumah atau di kelas – kelas kehamilan. Melakukan senam yang tepat pada pagi hari saat udara masih sehat dan bersih sehingga oksigen yang dihirup lebih banyak, selain itu saat masih pagi udara belum terkontaminasi oleh zat – zat yang berbahaya.

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan saat melakukan senam hamil yaitu baju yang digunakan saat senam. Pakaian yang digunakan untuk senam harus longgar agar tidak terganggu saat melakukan gerak senam dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat yang tujuannya tidak membuat ibu hamil kegerahan. Tidak ada baju senam yang khusus untuk ibu hamil namun harus nyaman ketika digunakan, namun sebaiknya ibu hamil menggunakan celana daripada rok.

Itulah hal – hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil saat melakukan senam hamil. Pastikan Anda selalu melakukan persiapan yang tepat sebelum melakukan senam saat hamil, dengan menyiapkan matras untuk alas melakukan senam. Adanya alas ini bertujuan agar lantai tidak licin yang membuat ibu hamil mudah terpeleset dan menghindari resiko benturan.

Bunda jangan lupa pula untuk mengkonsultasikan dengan dokter dengan rutin untuk mengetahui perkembangan janin dan persiapan persalinan. Baca juga : 4 Cara Mengatasi Pendarahan Pada Ibu Hamil Muda

author
No Response

Leave a reply "Panduan Senam Hamil Usia 6-8 Bulan"