Pengaruh Minuman Bersoda Bagi Ibu Hamil

No comment 948 views

Minuman bersoda

Hai Ibu Hamil! Benar tidak, berita kehamilan menjadi berita yang membahagiakan? Apalagi kalau ini adalah kehamilan yang pertama. Tentunya, makan makanan yang bergizi dan minum minuman yang sehat menjadi menu wajib setiap hari. Apa ada Ibu hamil yang saat ini doyan konsumsi minuman bersoda?

Minuman bersoda pada umumnya mengandung banyak gula, asam fosfat, karbonat, bahan pengawet dan kafein. Dilihat dari kandungan gulanya saja, 1 kaleng minuman bersoda bisa mengandung hingga 12 sendok teh gula. Hal ini mengandung risiko tinggi untuk kesehatan janin dan kesehatan Ibu hamil itu sendiri.

Mengonsumsi minuman soda hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Sebagai jalan aman sebaiknya konsumsi soda perlu dihindari. Meskipun kandungan setiap minuman bersoda berbeda-beda. Pasalnya, kesehatan Ibu hamil dan janin menjadi prioritas utama. Bukankah Ibu sehat janin juga sehat? Jadi, tidak ada masalah kan jika Ibu hamil menghindari konsumsi minuman bersoda. Yuk, simak informasi berikut ini, agar Ibu hamil tahu dampak konsumsi minuman bersoda.

1.Obesitas

Obesitas merupakan penyakit kelebihan berat badan dimana berat badan jauh dari 75 persen dari berat badan ideal. Obesitas merupakan faktor utama penyebab meningkatnya risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular. Bukan hanya berisiko obesitas, terlalu banyak konsumsi gula juga menyebabkan diabetes gestasional yang mempengaruhi bobot janin. Apabila janin terlalu besar, maka proses kelahiran akan mengalami kesusahan.

2.Hipertensi

Hipertensi yang dialami Ibu hamil berisiko kelahiran prematur. Kandungan kafein dalam minuman bersoda menjadi penyebab munculnya hipertensi. Selain hipertensi, kafein dalam soda menyebabkan Ibu Hamil susah tidur. Padahal, kualitas tidur yang baik sangat diperlukan oleh Ibu Hamil. Kafein juga menyebabkan efek diuretik yang menyebabkan dehidrasi dan sembelit.

3. Melemahkan Sistem Imunitas

Menurut penelitian, gula dapat menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Minuman soda yang mengandung 12 sendok teh gula cukup kuat untuk melemahkan kemampuan sel darah putih melindungi tubuh dari bakteri jahat. Konsumsi minuman bersoda diikuti dengan makanan manis lainnya, berpotensi membuat sel darah putih bekerja tidak efektif. Hal ini menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Kenyataannya, Ibu hamil harus selalu dalam kondisi prima.

4. Oesteoporosis

Kandungan kadar asam fosfat yang tinggi dalam minuman bersoda menyebabkan peningkatan asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini menyebabkan meningkatnya risiko terhambatnya kalsium dalam tubuh serta berdampak pada penurunan massa tulang. Apabila massa tulang mengalami penurunan, maka risiko oesteoporosis semakin tinggi.

Menghindari minuman bersoda saat Ibu hamil dan memperbanyak konsumsi air putih serta jus buah bisa menjadi pilihan tepat. Bukankah, kesehatan janin menjadi prioritas utama Ibu hamil?


 

 

author
No Response

Leave a reply "Pengaruh Minuman Bersoda Bagi Ibu Hamil"