Penting! Ini Tips Mengatasi Emosi Pada Saat Kehamilan

Can-Your-Stress-Affect-Your-Baby2

Selama masa kehamilan, beberapa ibu hamil akan mengalami serangkaian perubahan hormon. Dan seringkali pergolakan hormon tersebut mengakibatkan beberapa gejala kehamilan yang seringkali membuat Anda merasakan ketidaknyamanan. Selain gejala mual (morning sickness), ibu juga seringkali mengalami mood swing atau perubahan mood mendadak dan mengakibatkan ibu menjadi emosional, dan seringkali berhujung pada stres. Dan alasan kenapa Anda membaca artikel ini sudah pasti Anda ingin tahu tips mengatasi emosi pada saat kehamilan, bukan begitu?
Nah, apa saja nih tips mengatasi emosi pada saat kehamilan yang dapat Anda lakukan? Solusi pertama yang bisa Bunda lakukan adalah berolahraga. Saat Anda berolahraga, tubuh akan memproduksi satu hormon yang memicu perasaan senang (happy hormone) yang disebut dengan hormon endorfin. Hormon ini dapat membantu melemaskan otot dan membuat tubuh menjadi rileks.
Hormon endorfin juga dapat mempengaruhi senyawa pada otak yang berujung pada perubahan mood Anda menjadi lebih baik. Untuk ibu hamil, tentunya Anda tidak boleh melakukan olahraga yang terlalu berat. Pilihlah olahraga yang ringan dan dapat membantu membuat Anda rileks. Contohnya adalah berjalan-jalan santai, berenang atau melakukan meditasi dan yoga.
Selain olahraga, hal lain yang wajib Anda lakukan adalah: berpikiran positif. Ya, saat Anda hamil Anda pastinya akan dilanda dengan perasaan bahagia. Akan tetapi seringkali bersamaan dengan perasaan suka cita tersebut timbul perasaan-perasaan negatif yang tidak kalah besarnya. Seringkali emosi negatif yang dirasakan oleh ibu hamil adalah rasa cemas, seperti apakah Anda benar-benar siap untuk menyokong hidup bayi Anda secara finansial, atau apakah Anda nantinya bisa menjadi orangtua yang baik?
Dan tentunya, Anda-lah yang paling tahu semua rasa cemas dan rasa takut tersebut tidak akan memberikan manfaat apapun, baik bagi kehamilan Anda maupun kesehatan mental Anda, bukan? Jangan terlalu mengkritik diri sendiri dan belajarlah untuk berpasrah diri dan berfokus pada apa yang bisa Anda lakukan sekarang. Dan ketika Anda merasa tidak sanggup untuk mengatasi perasaan-perasaan negatif itu sendirian, sering-seringlah berkomunikasi dan meminta dukungan dari pasangan, keluarga, dan teman-teman terdekat Anda.
Kondisi mental Bunda sangatlah penting untuk menjamin kehamilan Anda tetap sehat. Janin Anda dapat merasakan berbagai macam emosi yang Anda rasakan, baik emosi positif maupun emosi negatif. Saat Anda dilanda stres, bayi Anda akan menyerap hormon stres kortisol yang dilepaskan oleh tubuh Anda. Dan secara tidak langsung hormon stres tersebut dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan bisa jadi Anda mengalami keguguran.
Demikianlah beberapa tips mengatasi emosi pada saat kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Penting! Ini Tips Mengatasi Emosi Pada Saat Kehamilan"