Pentingnya Kebutuhan Gizi Pada Makanan Ibu Hamil

Makanan Ibu HamilMakanan ibu hamil – Pada usia 3-4 bulan, janin terus berkembang menyempurnakan bentuk anggota-anggota badan. Hati dan ginjal mulai berfungsi. Sidik jari mulai terbentuk. Syaraf-syaraf berkembang dengan pesatnya. Bahkan pada bulan ke-4 bayi sudah mulai mengisap jari. Ia sering bermain dengan tali pusat dan bergerak-gerak di dalam rahim. Tulang terus berkembang dan terus bertambah panjang.

Maka tidak heran bila makanan sehat untuk ibu hamil pada masa ini membutuhkan banyak magnesium, kalsium, vitamin D, vitamin B, dan Omega 3. Sebenarnya, semua vitamin dan zat tersebut terdapat pada makanan kita sehari-hari. Jadi bila kita tetap mengikuti aturan makan ‘4 sehat 5 sempurna’, tentunya kelengkapan gizi makanan sehat ibu hamil sudah terjamin. Namun, ada baiknya kita memfokuskan makanan-makanan yang mengandung zat-zat tersebut ketika tubuh membutuhkannya. Contoh gizi dalam makanan sehat untuk ibu hamil adalah sebagai berikut

  • Kalsium dan Omega 3

Makanan berKalsium terus dibutuhkan karena tulang bayi dan ibu hamil terus berkembang. Cikal bakal gigi di balik gusi juga sedang dibentuk, sehingga asupan kalsium sangat penting.  Cara paling praktis untuk mendapatkan kalsium yang cukup adalah melalui susu. Pilihlah susu yang sudah dipasteurisasi supaya aman untuk janin.

Otak bayi berkembang dengan pesat. Konsumsilah banyak Omega 3 untuk mendukung perkembangan otaknya. Omega 3 banyak terdapat pada ikan salmon, sardin, makarel, tahu, kacang kedelai, telur, sayuran hijau, susu, keju, dan wijen. Konsumsilah suplemen Omega 3 bila merasa perlu dan lanjutkan hingga menyusui.

  • Vitamin A

Satu hal yang tidak kalah penting dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil 5-6 bulan adalah vitamin A.  Sebagian ibu hamil mengalami mata kering pada usia kehamilan ini. Gunakanlah tetes mata atau air mata buatan untuk mengatasinya, dan konsumsilah banyak vitamin A. Selain baik untuk mata, vitamin ini juga mempengaruhi pembentukan sel darah merah dan kulit. Vitamin ini memiliki 2 bentuk, yaitu  beta karoten dan retinol. Namun kita perlu berhati-hati dengan retinol. Kelebihan retinol dapat mengganggu perkembangan bayi. Retinol banyak terdapat pada hati, sehingga hati bukanlah makanan sehat untuk ibu hamil.

No Response

Leave a reply "Pentingnya Kebutuhan Gizi Pada Makanan Ibu Hamil"