Pentingnya Minum Susu Saat Hamil

No comment 4394 views

 minum susu

Haruskan Ibu hamil minum susu? Apakah pertanyaan ini cukup memenuhi benak Anda? Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika susu memiliki banyak manfaat kesehatan dan kebaikan untuk tubuh berkat kandungan gizi dan nutrisinya yang terkandung di dalamnya.

Nah, karena kandungan gizi dan nutrisinya tersebut anak-anak yang masih dalam masa pertambuhan sangat dianjurkan banyak minum susu. Tak hanya untuk anak-anak saja lho, ibu hamil juga tak ada salahnya rutin mengonsumsi susu bahkan jauh-jauh hari saat ia mulai merencanakan kehamilan. Tentunya susu untuk ibu hamil ini telah diracik khusus sesuai dengan kebutuhan nutrisi hamil.

Lantas, apa sih sebenarnya manfaat minum susu saat hamil itu? Apa saja kandungan nutrisi yang umumnya ditambahkan dalam susu hamil? Nih, ketahui informasi lengkapnya berikut ini:

  1. Kalsium

Pada dasarnya, hampir semua produk susu mengandung kalsium. Akan tetapi, pada susu khusus ibu hamil, terdapat penambahan beberapa zat gizi misalnya asam folat dan kalsium yang tinggi serta vitamin dan mineral. Untuk Ibu hamil, kandungan kalsium ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin. Kalsium dari susu ini lebih mudah diserap oleh tubuh daripada kalsium yang berbentuk tablet.

  1. Tinggi asam folat

Asam folat adalah salah satu zat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Zat ini berfungsi untuk membantu pembentukan tabung syarat otak janin. Untuk itulah, asam folat ini banyak ditambahkan dalam produk-produk susu hamil. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak janin, Anda dapat mencukupkan kebutuhan asam folat ini dengan rajin minum susu hamil setiap harinya.

  1. Vitamin dan mineral

Susu hamil juga diperkaya akan vitamin dan mineral yang akan dapat memaksimalkan pertumbuhan janin. Kekurangan nutrisi tersebut bisa membuat pertumbuhan janin terhambat lho, misalnya kekurangan vitamin B9 yang dapat menyebabkan risiko kecacatan pada bayi dan berat badan yang rendah karena kekurangan vitamin D.

Itulah mengapa wanita hamil dianjurkan minum susu selama masa kehamilan karena begitu banyak nutrisi yang bermanfaat dalam susu hamil tersebut. Untuk mendapatkan jumlah kalsium yang cukup, Anda hamil dianjurkan untuk minum susu 3 gelas setiap harinya atau bila tidak begitu, Anda dapat melengkapinya dengan makan berbagai makanan kaya kalsium atau produk olahan susu seperti yoghurt, keju, dan lain-lain.

Selain bermanfat untuk kesehatan dan janin, kebiasaan minum susu ini juga baik untuk meningkatkan kekuatan tulang sehingga Anda dapat terhindar dari osteoporosis. Jadi, sudah minum susu hari ini, Bu?

 

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Minum Susu Saat Hamil"