Penyebab Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil

Katalogibu – Bagi moms yang sedang hamil Mual dan Muntah adalah hal yang sangat wajar untuk di alami oleh ibu hamil. Meskipun mual dan muntah ini mengganggu rutinitas sehari-hari moms, tetapi sama sekali tidak berbahaya buat janin. Berikut ulasan penyebab Mual dan Muntah.

 

  1. Peningkatan Hormon Progesteron dan Estrogen

Moms yang sedang hamil akan mengalami peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Peningkatan hormon progesteron akan memicu pergerakan organ pada sistem pencernaan dari usus kecil, lambung, sampai kerongkongan. Sementara itu peningkatan hormon estrogen akan memicu peningkatan asam lambung. Peningkatan asam lambung ini menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut dan rasa asam di mulut. Sehingga dengan adanya peningkatan ke dua hormon tersebut mengakibatkan ibu hamil mengalami Mual dan Muntah.

 

  1. Peningkatan hormon HCG

Ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim, tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Hal inilah  yang diduga menyebabkan mual. Jadi, rasa mual yang muncul merupakan pertanda bahwa produksi hormon yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat berjalan normal.

 

  1. Meningkatnya Sensitivitas Pada Bau.

Para dokter berpendapat bahwa peningkatan hormon Esterogen bisa memicu sensitivitas pada hidung ibu hamil. Meski begitu masih belum diketahui benar apakah hormone estrogen benar-benar berpengaruh terhadap hal ini.

 

  1. Stres

Beberapa ahli juga menilai bahwa respon rasa mual dan muntah-muntah yang dialami ibu hamil tersebut merupakan respon negatif akibat rasa stress yang dialami. Sekali lagi, belum ada bukti konkrit terkait hal ini. Meski begitu, rasa Mual dan Muntah yang dialami juga menyebabkan ibu hamil semakin merasakan stress.

 

  1. Mengonsumsi Makanan Mengandung Gas

Mengonsumsi makanan yang mengandung gas bisa membuat asam lambung mengalami peningkatan dimana bila ibu hamil tersebut memiliki penyakit maag maka penyakit asam lambungnya bisa kambuh kembali. Moms yang dalam kondisi hamil dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung gas, makanan yang bersifat pedas, asam dan amis karena bisa merangsang rasa Mual dan Muntah.

 

  1. Kekurangan vitamin B6

Keadaan Mual dan Muntah juga bisa terjadi akibat ibu hamil mengalami kekurangan vitamin B6. Bila ibu hamil mengalami kondisi hiperemesis gravidarum maka ibu hamil tersebut biasanya sama sekali tidak bisa makan dan minum, lemah dan kekurangan tenaga, gangguan elektrolit, kekurangan cairan dan aktivitas sehari-hari pun menjadi terganggu. Keadaan ini perlu penanganan dokter lebih lanjut.

Itulah jawaban untuk moms yang bertanya tentang penyebab Mual dan Muntah pada masa kehamilan. Semoga menambah informasi untuk moms ya.

author
No Response

Leave a reply "Penyebab Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil"