Perbanyak Konsumsi Sayuran Untuk Ibu Hamil Ini

No comment 464 views

imgpsh_fullsize (17)

Moms, Anda tentunya tahu seberapa pentingnya bagi ibu hamil untuk menjaga asupan makanannya. Bukan hanya untuk kesehatan tubuhnya selama hamil, tetapi juga untuk kesehatan perkembangan janin. Salah satu jenis makanan yang wajib ada di dalam menu makan harian Anda adalah sayuran segar. Sayuran tidak hanya mengandung kandungan serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan, tetapi juga mengandung berbagai macam zat penting yang dapat membuat bayi Anda tumbuh maksimal dan terlahir dalam keadaan sehat. Yuk, simak jenis sayuran untuk ibu hamil berikut ini.
• Brokoli
Sayuran untuk ibu hamil yang wajib untuk dikonsumsi adalah brokoli atau kembang kol. Sayuran hijau ini sangat kaya akan kandungan kalsium dan asam folat, dimana kalsium sangat diperlukan oleh bayi (dan ibu) dalam membentuk dan memperkuat sel-sel tulang dan gigi.

Dan tak kalah pentingnya asam folat sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan sel-sel dan jaringan tubuh dan mencegah bayi dari resiko terlahir cacat. Selain itu, zat antioksidan yang ada di dalam brokoli dapat melindungi ibu dan anak dari paparan radikal bebas. Brokoli juga kaya akan zat besi dan mineral penting lain yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin.
• Tomat
Sayuran berwarna merah cerah ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat kaya. Kedua vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh ibu, dan juga membentuk sistem pertahanan tubuh bayi agar bayi tidak mudah terkena infeksi. Selain itu, kandungan zat besi di dalam tomat juga dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel tubuh baru.
• Bit
Buah ini memiliki warna merah gelap yang menarik, tapi seringkali orang menghindarinya karena rasa buah yang pahit. Tapi, buah bit ini sangat bermanfaat untuk perkembangan janin karena memiliki kandungan asam folat, vitamin C, dan zat besi.

Buah bit juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil, karena ia dapat membantu proses pengeluaran racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh. Dengan organ pencernaan yang semakin bersih, sistem metabolisme ibu hamil pun akan senantiasa terjaga.
• Asparagus
Sayuran satu ini memang belum terlalu terdengar gaungnya, dan bisa dibilang sayuran ini tidak terlalu populer. Akan tetapi, sayuran ini sangat kaya akan vitamin B kompleks, vitamin B, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B9 yang sangat bermanfaat untuk mencegah terhambatnya pembentukan sel-sel tubuh bayi yang dapat mengakibatkan bayi terlahir cacat.
Jadi semakin termotivasi untuk mengkonsumsi sayuran untuk ibu hamil, kan?

 

author
No Response

Leave a reply "Perbanyak Konsumsi Sayuran Untuk Ibu Hamil Ini"