Perkembangan Janin Usia 8 Bulan Yang Dinantikan

perkembangan janin usia 8 bulan

Setelah masa penantian yang mendebarkan, pada akhirnya tibalah Anda di bulan-bulan akhir kehamilan, lebih tepatnya usia kehamilan ke-8. Tinggal satu bulan lagi dan Anda dapat bertemu dengan anak Anda. Tentunya hal itu sudah Anda nantikan. Dan sudah pasti Anda pun penasaran tentang perkembangan janin usia 8 bulan.

Perkembangan janin usia 8 bulan sebagian besar telah mencapai masa akhir dimana hampir seluruh organ tubuh, beserta fungsi organ tubuh dan sistem syarafnya telah berkembang dengan baik. Posisi kepala bayi pun telah berubah dengan kepala menekan leher rahim. Seluruh tulang-tulang yang menyangga tubuh kecilnya pun sudah mulai mengeras dan kokoh, terkecuali bagian tempurung kelapa yang masih rawan dan belum terbentuk dengan sempurna. Namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai itu, karena hal tersebut adalah hal yang sangat normal. Hal tersebut kemungkinan besar bertujuan agar ia dapat melewati leher rahim dan lubang vagina dengan mudah.

Kulit bayi pun mulai mengalami perubahan. Ia tidak lagi keriput dan terlihat lebih cerah berkat adanya lapisan lemak di bawah permukaan kulit. Lemak-lemak tubuh tersebut kelak akan sangat dibutuhkan oleh bayi untuk meregulasi suhu tubuhnya.  Baca juga: Young Mommies, Inilah Cara Memompa ASI Yang Benar

Sedangkan bagi ibu sendiri, Anda juga akan sekali lagi merasakan perubahan-perubahan fisik, antara lain adalah mulai adanya kontraksi-kontraksi kecil di usia kandungan 8 bulan. Kontraksi-kontraksi tersebut menyerupai kram perut saat menstruasi, namun tidak terlalu menyakitkan. Adanya kontraksi-kontraksi tersebut bukanlah pertanda bahwa Anda akan melahirkan dengan segera, kontraksi-kontraksi tersebut disebabkan oleh otot-otot rahim yang tengah ‘melatih’ dirinya untuk mempersiapkan proses persalinan sebulan kemudian.

Anda juga akan mengalami penambahan berat badan yang cukup signifikan, yaitu sekitar 11-13,5 kilogram. Selain itu, ukuran janin yang semakin membesar membuat rahim mengembang dan menekan paru-paru Anda sehingga menyebabkan Anda sering mengalami sesak napas. Selain itu, pelebaran ukuran rahim ini juga akan menekan organ-organ pencernaan sehingga tidak mengagetkan jika Anda akan mengalami gangguan pencernaan.

Selain itu, Anda akan kembali mengalami seringnya bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Hal tersebut disebabkan karena rahim juga menekan kandung kemih sehingga menimbulkan perasaan ingin buang air kecil terus menerus. Dengan banyaknya jumlah cairan yang keluar dari tubuh, Anda perlu mensiasati diri dengan meminum air lebih banyak untuk mencegah dehidrasi.

Demikianlah perkembangan janin usia 8 bulan. Semoga informasi-informasi ini dapat membantu Anda dalam memantau perkembangan si kecil. Semoga masa persalinan Anda berlangsung dengan lancar, Moms.

 

author
No Response

Leave a reply "Perkembangan Janin Usia 8 Bulan Yang Dinantikan"