Pilih Makanan Berikut untuk Penuhi Gizi Ibu Hamil

ibu hamil

Halo Ibu, bagaimana kondisi kandungan Ibu hari ini? Sudahkah si Kecil memberikan tendangan pertamanya? Perkembangan janin yang semakin pesat tentu harus diiringi dengan pemenuhan gizi ibu hamil setiap harinya. Tumbuh kembangnya memang tidak luput dari dukungan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil.

Mengatur menu makanan selama kehamilan harus dilakukan demi tercapainya kebutuhan gizi seorang ibu hamil. Namun, sajian yang dipilih tidak harus mahal karena yang dipentingkan adalah kandungan nutrisi dan kebersihannya. Berikut, beberapa kudapan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

  • Gandum dan beras merah

Gandum dan beras merah merupakan sumber kalori yang tinggi dan mudah diserap oleh tubuh. Namun, makanan ini kurang akrab dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia meskipun kedua jenis kudapan ini sangat baik untuk menjaga stamina ibu hamil.

  • Sayuran

Sayuran yang berwarna hijau sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena kandungan gizinya sangat baik. Namun, cara memasak yang benar untuk menjaga nutrisi sayuran sangat perlu diperhatikan dengan tidak merebusnya terlalu lama. Klorofil dalam sayuran tentu saja mengandung gizi yang dibutuhkan ibu hamil.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi daun pepaya karena kandungan vitamin A, zat besi, dan kaliumnya sangat melimpah. Wortel, daun singkong muda, dan kacang-kacangan kaya akan zat besi sehingga dapat membantu produksi sel darah merah.

  • Buah-buahan

Manfaatkan pekarangan rumah untuk menanam buah-buahan seperti pepaya, pisang atau tomat. Banyak konsumsi buah tentu saja sangat baik untuk memelihara kesehatan dan menjaga stamina sehingga siap menghadapi persalinan yang menguras energi cukup banyak.

  • Sumber protein

Untuk memenuhi gizi ibu hamil, tidak perlu membeli secara khusus suplemen yang justru membahayakan kandungan karena zat kimia di dalamnya. Cukup konsumsi telur 1 butir sehari saja bisa membantu memenuhi kebutuhan ptotein yang dibutuhkan ibu hamil.

Membuat sari kedelai sebagai sumber protein alami juga bisa Ibu lakukan di rumah. Kebersihan dan mutu dari sari kedelai buatan sendiri tentu saja sangat terjamin. Jangan menambahkan gula terlalu banyak karena bisa menyebabkan obesitas untuk ibu hamil dan janin.

  • Air putih

Konsumsi air putih yang cukup banyak untuk memenuhi cairan tubuh ibu hamil dan menghindarkan dari dehidrasi yang bisa membahayakan janin.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Pastikan kebutuhan nutrisi ibu hamil selalu terpenuhi setiap hari untuk tumbuh kembang janin yang optimal.

author
No Response

Leave a reply "Pilih Makanan Berikut untuk Penuhi Gizi Ibu Hamil"