Posisi Tidur Yang Seperti Ini Yang Baik Selama Ibu Hamil

Posisi tidur ibu hamil

Halo Ibu Hamil? Wah, sudah berapa bulan nih usia calon si Kecil? Bicara soal kehamilan, pernah tidak Ibu memikirkan apakah posisi tidur Ibu baik untuk janin? Jangan sampai nih, Ibu tidak tahu bagaimana posisi tidur terbaik selama hamil. Baiklah, informasi berikut ini bisa membantu memberikan wawasan kepada Ibu untuk tahu bagaimana posisi tidur terbaik selama hamil.

Pada kehamilan trisemester awal, Ibu hamil bisa tidur dengan posisi apapun yang dapat memberikan rasa nyaman untuk dirinya. Hal ini dikarenakan perut belum terlalu besar. Namun, ketika memasuki trisemester kedua, Ibu hamil biasanya mulai cemas. Perut yang sudah mulai membesar dan bingung memilih posisi tidur yang nyaman.

Sesungguhnya, tubuh Ibu diciptakan begitu unik, sehingga mampu memberikan perlindungan saat hamil. Selain itu, janin tidak pernah merasa tidak nyaman karena keberadaannya mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak bebas. Walaupun begitu, Ibu hamil harus tetap berhati-hati memilih posisi tidur. Berikut posisi tidur yang oke selama Ibu hamil.

Menyamping Ke Kiri

Tidur dengan posisi tidur menyamping ke kiri sangat dianjurkan, terutama setelah usia kehamilan 16 minggu. Posisi tidur miring ke kiri bisa memberikan keuntungan untuk janin. Keuntungannya yaitu janin mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Tidur dengan posisi ini juga bisa membantu ginjal untuk menghilangkan limbah tubuh, sehingga mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan.

Tengkurap

Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tetapi, setelah kehamilan trisemester pertama, posisi ini kurang nyaman. Pasalnya, adanya pembesaran payudara dan juga merangsang payudara yang lebih sensitif. Selain itu, tidur dengan posisi tengkurap saat perut sudah membesar (awal 14 minggu) juga menyebabkan ketidaknyamanan ibu hamil. Oleh karena itu, Ibu harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap dengan nyaman sepanjang malam.

Telentang

Posisi ini dapat dilakukan sebelum usia kehamilan 16 minggu. Usia kehamilan yang telah mencapai usia 16 minggu, tidur dengan posisi telentang akan membuat Ibu hamil meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang usus, dan vena cava inferior. Tidur dengan posisi telentang juga dapat meningkatkan risiko sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan, dan mengganggu sirkulasi pernapasan. Posisi tidur terlentang pada trisemester kedua dan ketiga juga mempengaruhi tekanan darah. Beberapa Ibu hamil, posisi tidur seperti ini menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing.  Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, posisi tidur terlentang sangat tidak dianjurkan.

Posisi tidur Ibu hamil memang tergantung pada usia kehamilan. Pilihlah posisi tidur yang sesuai dengan usia kehamilan Ibu sekarang, agar tidak mengganggu perkembangan janin Anda. Ibu Nyaman, Janin Aman.

author
No Response

Leave a reply "Posisi Tidur Yang Seperti Ini Yang Baik Selama Ibu Hamil"