Proses Kehamilan Mulai Awal Hamil Hingga Melahirkan

No comment 102176 views

proses kehamilan mulai hamil hingga melahirkanProses Kehamilan – Kehamilan adalah kejadian paling penting dikehidupan suatu keluarga. Setiap orang dewasa tentu sudah tahu tentang kehamilan atau proses kehamilan. Untuk para orang tua yang mungkin belum mengetahui tentang proses kehamilan, di sini akan dijelakan tentang proses kehamilan mulai awal hingga melahirkan bayi.

Proses kehamilan sampai melahirkan

Proses kehamilan dimulai dari pembuahan, dimana jutaan sel sperma akan bersaing menuju sel telur sambul mengeluarkan enzim yang dapat membuat salah satu sperma berhasil sampai tujuan, yaitu sel telur. Disaat pembuahan, akan terjadi perubahan kimiawi yang mencegah sperma lainnya memasuki sel telur.

Di saat salah satu sperma berhasil masuk ke dalam sel telur, maka proses kehamilan selanjutnya adalah sperma masuk kedalam inti sel yang membawa kode genetik, kemudian menyatu dengan kode genetik sel telur yang telah dibuahi. Kemudian sperma melakukan penentuan jenis kelamin bayi oleh 46 kromosom yang menyusun karakteristik genetik.

Sel telur yang telah di buahi kemudian akan membelah menjadi 2 sel, dan selanjutnya berkembang menjadi 4 sel. Sel telur tersebut akan selalu berkembang.  Ketika pembelahan sel terlur terus terjadi, begitu juga dengan sel akan bergerak meninggalkan tuuba falopo menuju rahim. di hari ketujuh ini, dimana setelah terjadinya proses pembuahan.

Maka sel yang terbelah telah mencapai 30 dan kumpulan sel ini dinamakan dengan nama morula. Adapun morula yang telah mencapai lapisan rahim akan tertanam pada lapisan endometrium. Kelompok sel yang berkembang ini akan semakin matang dan menjadi blastokista, sekaligus akan menstimulasi terjadinya perubahan dalam tubuh calon ibu, termasuk terhentinya siklus menstruasi.

Perkembangan embrio yang sudah terbentuk pada bulan pertama akan ditandai dengan terbentuknya alat-alat tubuh yang cukup penting dan juga sudah mulai berfungsi meski belum sempurna. Pada bulan pertama kehamilan belum terbentuk tangan dan kaki, demikian juga bagian otak janin masih berupa gumpalan darah. Diperkirakan panjang embrio pada usia kandungan bulan pertama adalah sekitar 2,5 hingga 6 mm.

Pada bulan kedua usia kehamilan embrio telah membentuk kaki dan tangan, alat-alat kelamin bagian dalam, rangka yang masih berupa tulang rawan, alat-alat bagian muka dan beberapa alat penting lainnya. Pada usia ini panjang embrio adalah sekitar 25-40 mm.

Pada bulan ketiga kehamilan, hampir seluruh organ tubuh telah terbentuk secara lengkap, termasuk alat kelamin luar. Panjang janin pada saat ini sekitar 70-100 mm dan sudah dapat dibedakan antara janin laki-laki atau perempuan. Sementara pada bulan keempat masa kehamilan, kondisi janin sudah mulai membentuk kulit, rambut, kelenjar keringat dan kelopak mata. Gerakan janin juga pada saat ini sudah dapat dirasakan oleh ibunya. Panjang janin adalah sekitar 145 mm.

Setelah usia kehamilan menginjak usia 12 minggu, maka janin hanya akan mengalami pertumbuhan ke arah lebih besar dan memanjang hingga menjelang kelahirannya. Secara normal masa kehamilan adalah sekitar 40 minggu, atau 9 bulan 10 hari.

  • Proses kehamilan tahap demi tahap 

1. Ovulasi
Tahapan proses bembuahan yang satu ini terjadi saat sel telur keluar dari sarangnya dimana folikel (kantung pada ovarium) yang di dalamnya terdapat sel telur telah matang kemudian pecah dan keluarlah sel telur dari sarangnya yang disebut dengan ovulasi.

Folikel yang telah ditinggalkan oleh sel telur akan berkembang menjadi korpus luteum. Nantinya korpus luteum ini akan bekerja melepas hormon untuk membantu menebalkan lapisan rahim sebagai persiapan proses kehamilan.

Sel telur yang telah dilepaskan akan bergerak ke tuba falopi menunggu hingga dibuahi oleh sperma. Hal ini akan terjadi ketika masa subur yaitu pada hari ke 12 hingga 16 yang dihitung mulai hari pertama menstruasi. Jika tidak dibuahi oleh sperma maka sel telur ini akan luruh sehingga terjadi menstruasi.

2. Fertilisasi
Proses kehamilan wanita terjadinya disini dimana sel telur yang telah menanti akhirnya dibuahi oleh sel sperma. Hanya ada satu sperma yang dapat membuahi sel telur, pada saat proses pembuahan ini yang menentukan gen bayi. Jika sel sperma berkromoson Y, maka nantinya akan melahirkan anak laki – laki. Dan jika sel sperma berkromoson X maka akan menjadi anak perempuan.

3. Implantasi
Sel telur yang telah dibuahi bernama zigot, ketika zigot bergerak menuju tuba falopi akan mengalami pembelahan diri. Zigot yang telah membelah disebut dengan embrio dan embrio akan menempel pada dinding rahim yang dikenal dengan implantasi.

  • Perkembangan Janin

Setelah proses implantasi berlangsung dengan lancar, embrio atau cikal bakal bayi Anda akan terus menempel pada dinding rahim Anda dan bergantung sepenuhnya pada Anda untuk menyediakan asupan makanan yang dibutuhkannya untuk berkembang. Embrio akan terus berkembang dengan pesat selama 40 hari, atau 9 bulan. Dan pada umumnya, untuk mempermudah diagnosa dokter kandungan, proses perkembangan janin tersebut dibagi menjadi tiga masa, yaitu masa kehamilan trimester pertama, trimester tengah, dan trimester akhir.

Seiring dengan waktu, janin Anda akan terus berkembang, baik dalam hal bobot dan ukuran janin, hingga perkembangan organ-organ vital seperti jantung, hati, paru-paru, dan anggota-anggota tubuh, seperti mata, kaki, tangan, dan kepala. Seiring dengan membesarnya janin, rahim Anda pun akan turut mengembang hingga tidak jarang mendesak organ tubuh yang lain seperti ginjal dan paru-paru sehingga seringkali Anda akan menghadapi keluhan seperti bolak-balik buang air kecil dan sesak napas.

  • Portus

Dan jika perkembangan janin berlangsung lancar dan tanpa hambatan, tepat di masa kehamilan minggu terakhir, bayi akan mulai mempersiapkan diri untuk proses persalinan. Proses persalinan sendiri saat ini dikenal menjadi 2 metode, yaitu dengan metode normal dan metode Caesar. Metode normal adalah proses persalinan yang mendorong bayi keluar dari rahim hingga sampai ke bibir vagina. Sedangkan prosedur Caesar adalah proses melahirkan dengan metode pembedahan, dan pada umumnya dilakukan jika ditemukan gangguan pada kehamilan atau kondisi ibu hamil yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

Itulah  proses Kehamilan yang terjadi pada wanita, selanjutnya tahap perkembangan janin dapat dilihat per-trimester kehamilan yaitu periode per-tiga bulan yang dapat Anda lihat perkembangannya. Ketika dinyatakan positif hamil maka Anda harus selalu menjaga kehamilan salah satunya dengan pemilihan makanan untuk ibu hamil yang terbaik dan melakukan senam kehamilan agar bayi dan ibu hamil menjadi sehat. Baca juga : Atasi Bengkak Dimasa Kehamilan

author
No Response

Leave a reply "Proses Kehamilan Mulai Awal Hamil Hingga Melahirkan"