Rencanakan Kehamilan? Yuk Lakukan 4 Imunisasi dulu!

Rencanakan Kehamilan? Yuk Lakukan 4 Imunisasi dulu!

Imunisasi kehamilan – Anda merupakan pasangan suami istri yang sedang merencana kehamilan? Stop!! Tunggu sebentar, pastikan Anda melakukan imunisasi kehamilan jika saat ini berencana hamil. Ini merupakan persiapan penting yang harus dilakukan calon ibu hamil agar mendapatkan bayi yang sehat dan tahan terhadap serangan infeksi dan virus berbahaya.

Seharusnya sebelum merencanakan kehamilan Anda harus memerikasakan kondisi tubuh apakah terdapat inveksi maupun penyakit tertentu yang membahayakan bayi Anda nantinya, untuk itu perlunya pengobatan sebelum hamil harus dilakukan. Hal ini juga menghindarkan bayi dari lahir dengan cacat fisik maupun mentalnya, jika Anda mendambakan bayi yang sehat berikut beberapa imunisasi kehamilan yang harus Anda lakukan.

Macam – macam imunisasi kehamilan

1. Imunisasai MMR
Ibu hamil yang ingin terhindar dari virus campak, gondongan dan rubella harus melakukan imunisasi kehamilan MMR. Campak sangat berbahaya bagi kehamilan karena dapat memicu keguguran dan bayi lahir prematur dan rubella dapat menyebabkan congenital rubella syndrome pada janin.

2. Imunisasi Hepatitis B
Pentingnya pemeriksaan sebelum merencanakan hamil bertujuan untuk memastikan apakah calon ibu hamil tidak terserang salah satu virus kronis yang satu ini yaitu hepatitis B. Jika ibu hamil terserang hepatitis akan terjadi penularan kepada janinnya dan mengakibatkan bayi terpapar virus dan mengalami kerusakan liver. Jika sudah terlanjur maka bayi harus melakukan imunisasi hepatitis B 12 jam setelah bayi lahir.

3. Imunisasi Typhoid
Penyakit typhus dapat ditularkan melalui makanan dan minuman. Imunisasi ini tidak boleh diberikan saat hamil namun harus diberikan saat sebelum hamil.

4. Imunisasi Varisela
Imunisasi kehamilan ini harus diberikan kapada wanita yang belum hamil, ketika setelah imunisasi wanita tersebut dilarang hamil dulu hingga satu bulan namun jika ternyata hamil sebelum satu bulan diwajibkan untuk melakukan konsultasi kepada dokter. Melakukan imunisasi varisela sebelum kehamilan dapat meminimalisir kelainan yang terjadi pada janin.

Imunisasi kehamilan dapat memperkuat sistem imunitas tubuh ibu hamil terhadap paparan virus tertentu yang akan membahayakan kehamilan dan kesehatan janin dalam kandungan. Untuk itu sebelum hamil Anda perlu memeriksakan kondisi tubuh dan melakukan imunisasi. Baca juga : 4 Macam Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Rencanakan Kehamilan? Yuk Lakukan 4 Imunisasi dulu!"