Serba-Serbi Sayuran Hijau Untuk Ibu Hamil

No comment 991 views

bayam

Halo, apa kabar Ibu hari ini? Saat mengandung, tentu banyak hal yang harus diperbincangkan terutama untuk memenuhi gizi ibu hamil. Ya, berbagai nutrisi memang harus dipenuhi dengan baik demi mendukung tumbuh kembang janin.

Mengonsumsi banyak makanan bernutrisi merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Porsi sayuran, terutama yang berwarna hijau dalam sajian menu makanan ibu hamil harus lebih banyak dibanding saat tidak hamil. Untuk itu, yuk simak serba-serbi sayuran hijau yang bermanfaat bagi ibu hamil berikut ini.

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi

Klorofil yang terdapat di dalam sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan ibu hamil. Selada hijau, bayam, dan sawi merupakan beberapa contoh sayuran hijau yang bisa didapatkan dengan mudah. Kandungan vitamin A, C, E, B, dan K yang terkandung di dalamnya tentu saja sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mampu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Perlu Ibu tahu, sayuran hijau juga banyak mengandung karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu melindungi sel-sel penting serta menghambat perkembangan kanker. Kandungan serat tinggi, zat besi, magnesium, kalsium, dan kalium juga sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang janin.

  • Memenuhi kebutuhan folat

Kandungan folat dan vitamin B yang terdapat pada sayuran hijau bisa meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah cacat lahir. Asupan folat yang tinggi bisa menurunkan risiko polip usus besar hingga 30 sampai 40 persen. Tak hanya itu saja, sayuran ini juga menurunkan risiko terkena kanker payudara, kanker serviks, dan kanker paru-paru.

  • Menguatkan tulang

Kandungan vitamin K yang banyak terdapat dalam sayuran hijau mampu menurunkan risiko osteoporosis pada wanita. Selain itu, tulang dan otot dapat menjadi lebih kuat dengan banyak mengonsumsi sayuran ini. Tentu saja, tulang dan otot saat hamil harus lebih kuat karena beban tubuh semakin berat seiring dengan pertambahan usia kandungan.

  • Menjaga berat badan

Sayuran berdaun hijau memiliki manfaat yang  menarik yaitu rendah kalori, rendah karbohidrat, dan memiliki indeks glikemik rendah. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, tentu saja hal ini sangat baik untuk menjaga berat badan ideal saat mengandung.

Kandungan serat yang banyak tentu saja sangat membantu sistem pencernaan ibu hamil sehingga terhindar dari bahaya sembelit. Dengan begitu, kesehatan usus akan tetap terjaga dan sistem pembuangan sisa makanan bisa berjalan lebih lancar.

Nah, itulah beberapa manfaat sayuran hijau untuk ibu hamil. Dengan memperbanyak konsumsi sayuran ini, tentu saja gizi ibu hamil bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, kesehatan ibu hamil dan janin tetap terjaga.

author
No Response

Leave a reply "Serba-Serbi Sayuran Hijau Untuk Ibu Hamil"