Sssst.. Ini Tips Mengatur Pola Makan Saat Kehamilan

Katalogibu –  Harus Bunda ketahui, Pentingnya nutrisi selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil, kesehatan janin dan juga tumbuh kembang janin hingga menjelang persalinan. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh ibu hamil yaitu, Mengatur Pola Makan Saat Kehamilan. Untuk itu, kualitas makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang untuk tubuh ibu dan janin perlu diperhatikan.

Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat di masa kehamilan ialah dengan memastikan ibu hamil menerapkan pola makan yang sehat.  Seorang ibu hamil yang tidak memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya akan mengalami berbagai efek negatif seperti mual, pusing, mudah lelah, sembelit, bahkan anemia. Maka dari itu, penting untuk Mengatur Pola Makan Saat Kehamilan. Bagaimana pola makan yang benar? Berikut ulasannya.

 

  • Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Mulailah sarapan dengan makanan yang tidak banyak mengandung rempah-rempah. Hal ini karena, pada umumnya makanan yang mengandung rempah akan memunculkan rasa mual dan kehilangan selera makan. Selain itu, konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein dan kalori. Ibu hamil juga bisa mencoba untuk sarapan dengan cereal yang diperkaya nutrisi, serta mengandung zat besi atau kalsium. Kombinasikan juga dengan buah-buahan.

  • Makan Dengan Porsi Sedikit Namun Sering

Biasanya ibu hamil akan mengalami berbagai gangguan kehamilan seperti mual. Untuk mengurangi gangguan tersebut,  disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering. Selain mengurangi rasa mual,  hal ini juga dapat mengatasi rasa mulas saat hamil. Hal ini juga menghindari perut mendapat tekanan yang lebih besar. Ada baiknya konsumsi makanan enam kali sehari dengan porsi sedikit daripada tiga kali dengan porsi banyak.

 

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Penting bagi Bunda mengonsumsi makanan sehat di masa kehamilannya. Makanan tersebut di antaranya harus mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi baik dari segi jenis, kualitas, maupun kuantitas di masa kehamilan. Pastikan makanan yang dikonsumsi Bunda kaya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air.  Makanan tersebut di antaranya seperti alpukat, brokoli, kacang merah, pisang, daging ayam, sapi, telur, tuna, kentang, dan oatmeal.

 

  • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat seorang wanita berada di masa kehamilan, biasanya ia cenderung untuk buang air kecil terus menerus. Rasa ingin buang air kecil yang terus menerus datang dikarenakan munculnya tekanan pada kandung kemih dari bayi. Dengan mencukupi kebutuhan cairan kamu bisa mencegah hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, infeksi kandung kemih, dan juga bayi terlahir prematur. Untuk itu penuhi kebutuhan cairanmu dengan cukup minum air, atau konsumsi kurang lebih 2,5 liter air dalam sehari.

 

Itulah tips Mengatur Pola Makan Saat Kehamilan yang tepat di masa kehamilan. Semoga menambah informasi untuk Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Sssst.. Ini Tips Mengatur Pola Makan Saat Kehamilan"