Suplemen, Penyempurna Kebutuhan Gizi Hamil Anda

gizi hamill

Perolehan gizi hamil yang seimbang sangat penting untuk Anda dapatkan selama mengandung. Mengapa demikian? Sebab nutrisi hamil ini tak hanya Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh saja tetapi juga menjadi ‘makanan’ untuk pertumbuhan janin.

Selain dari makanan sehat dan seimbang yang mengandung zat gizi utama seperti karbohidrat, protein, dan lemak, gizi hamil juga biasanya diperoleh dari suplemen makanan sebagai pelengkap nutrisi hamil. Suplemen ini umumnya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh tetapi bukan dalam bentuk makanan. Nah, apa saja macam suplemen yang dibutuhkan saat hamil ? Ini infonya:

  1. Vitamin

Pada dasarnya, vitamin dapat ditemukan dengan mudah pada makanan seperti buah dan sayur. Akan tetapi, pada keadaan tertentu ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin berikut ini dalam bentuk suplemen di antaranya vitamin B12, vitamin D, dan vitamin K. Meskipun sangat dibutuhkan tubuh, namun konsumsi suplemen vitamin seperti ini tetaplah harus menurut dosis yang dianjurkan.

  1. Kalsium

Kalsium ini juga bisa didapat dari konsumsi makanan yang disantap sehari-hari, namun pada ibu hamil dengan intoleransi laktosa sehingga tak dapat mengonsumsi susu yang banyak mengandung kalsium, maka suplemen kalsium adalah jalan satu-satunya memehuhi kebutuhan tulang ini. Porsi idela yang dianjurkan perharinya adalah sekitar 1200 mg.

  1. Folat

Asam folat ini merupakan salah satu jenis dari vitamin B yang sangat dibutuhkan selama kehamilan bahkan sejak sebelum hamil hingga trimester awal. Asam folat ini dibutuhkan ibu hamil untuk menghindarkan risiko cacat saraf yang bisa mengenai janin pascalahir. Jumlah dosis yang dianjurkan untuk konsumsi suplemen ini adalah sekitar 0,4 mg perharinya.

  1. Zat besi

Zat besi ini dibutuhkan ibu hamil untuk membantu mengalirkan oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh. Saat mengandung, kebutuhan zat besi ini lebih banyak karena untuk mendukung pertumbuan janin dan produksi darah tambahan. Terutama pada pertengahan trimester kehamilan, zat besi ini akan banyak dialirkan ke janin dan plasenta guna sebagai cadangan bila terjadi pendarahan persalinan.

  1. Yodium

Yodium ini juga salah satu nutrisi dan gizi hamil yang penting untuk didapat ibu hamil. Yodium ini dapat membantu perkembangan neurologi janin juga pembentukan mental serta fisik janin. Yodium banyak terdapat pada ikan laut seperti udang dan lobster. Bagi ibu hamil yang tinggal di daerah dengan tingkat defisiensi yodium tinggi, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen yodium dalam jumlah yang tak berlebihan.

Itulah beberapa suplemen gizi hamil yang penting untuk didapat ibu hamil. Meski suplemen gizi hamil itu penting, namun usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter untuk dosis yang ideal dan memperbanyak perolehan nutrisi dari makanan ya!

author
No Response

Leave a reply "Suplemen, Penyempurna Kebutuhan Gizi Hamil Anda"