Tahapan Proses Melahirkan yang Dialami oleh Ibu Hamil

Tahapan Proses Melahirkan

Tahapan proses melahirkan – Setiap ibu hamil pasti mengalami tahapan dalam proses melahirkan dengan cara yang berbeda-beda. Persalinan adalah sebuah proses yang alami, serta mengharukan karena akhirnya ibu dan juga ayah bisa bertemu si bayi yang lahir ke dunia. Meski ada macam-macam tahapan persalinan yang dilalui oleh ibu hamil, pada dasarnya tahapan melahirkan tersebut ada tiga.

Yang pertama adalah saat ibu hamil mulai mengalami dan merasakan kontraksi. Akan terjadi perubahan pada leher rahim yang juga biasa dikenal dengan istilah pembukaan. Kemudian, yang kedua adalah proses di mana ibu mendorong bayi sampai lahir. Lalu diakhiri dengan proses yang ketiga yaitu keluarnya plasenta dalam jeda waktu beberapa menit setelah bayi lahir.

  • Tahapan pertama 

Di tahapan ini, ada dua proses yang akan ibu alami, yakni fase awal dan fase aktif. Saat fase awal, leher rahim mulai menipis dan mulai terbuka. Terjadi kontraksi ringan yang biasanya berlangsung selama 30-90 detik dan datang dengan jarak tidak teratur, contohnya setiap 5 menit. Fase awal akan berakhir saat pembukaan leher rahim sudah mencapai 4 cm. Kehamilan pertama umumnya membutuhkan waktu pembukaan ini kurang lebih 6-12 jam, namun tahapan proses melahirkan tetap berbeda-beda pada tiap ibu hamil.

Sedangkan, untuk fase aktif, leher rahim melebar dengan lebih cepat. Pada fase ini, leher rahim mengalami pembukaan yang mencapai 10 cm. Akan terasa kontraksi yang lebih kuat dan lebih lama waktunya, juga lebih sering. Ketika ini rasanya sangat tak nyaman, seperti mengalami kram kaki, tekanan di punggung, juga bisa merasa mual. Biasanya air ketuban akan pecah saat fase ini. Pada fase ini juga saat yang tepat untuk segera menuju rumah bersalin. Fase aktif normalnya berlangsung selama 4-8 jam.

  • Tahapan kedua 

Ini adalah berlangsungnya proses ibu mendorong bayi supaya keluar dari tubuh. Ibu harus mengerahkan semua tenaga pada tahapan ini. Posisi bayi akan perlahan turun ke jalan lahir. Namun, ibu bersabar saja dan rileks, naluri untuk mendorong akan muncul dengan sendirinya dan secara alami. Akan tampak tonjolan di jaringan antara vagina dan anus, inilah saatnya bayi semakin terdorong keluar. Pertama, rambutnya terlihat lalu kepalanya akan keluar sempurna, dan diikuti oleh seluruh tubuhnya.

  • Tahapan ketiga 

Setelah sang bayi lahir, Anda akan merasakan bahagia dan sangat lega. Kini tinggal proses melahirkan yang terakhir, yaitu menunggu plasenta keluar dari rahim, biasanya memakan waktu 5-10 menit, atau sampai setengah jam.

Kurang lebih seperti itulah tahapan proses melahirkan yang dialami oleh ibu hingga berjumpa sang buah hati.

author
No Response

Leave a reply "Tahapan Proses Melahirkan yang Dialami oleh Ibu Hamil"