Tahukah 4 Gerakan yang Bikin Persalinan Lancar?

ibu hamil

Halo Bun, sudah memasuki usia berapa bulan kehamilan saat ini? Bicara mengenai kehamilan, memang bukan suatu perkara mudah karena banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan si Kecil dan ibu hamil.

Saat memasuki minggu-minggu terakhir seperti saat ini, memang wanita hamil harus melakukan banyak persiapan untuk menyambut persalinan, termasuk masalah kesiapan fisik. Untuk itu, ibu hamil disarankan melakukan banyak aktivitas yang bisa memperlancar persalinan seperti berikut ini:

  • Latihan Pernafasan

Untuk melatih pernfasan, lakukanlah dengan cara bersila dengan posisi punggung di atas matras. Letakkan kedua tangan di atas paha seperti saat melakukan meditasi pada senam yoga. Saat melakukan hal ini, buatlah tubuh menjadi rileks dan aturlah pikiran setenang mungkin. Kemudian, mulailah mengatur nafas dengan cara menghirup udara melalui hidung lalu mengeluarkannya dari mulut secara teratur.

  • Posisi Merangkak

Gerakan seperti merangkak ini sangat berguna untuk menguatkan otot pinggang dan panggul yang memiliki peranan penting saat persalinan. Caranya, sejajarkan kedua tangan dengan bahu dan lurus di atas lantai yang datar. Setelah itu, angkatlah pinggang ke atas lalu kempiskan perut serat mengerutkan dubur. Saat melakukan gerakan ini, tundukkan kepala hingga mata bisa melihat perut yang membuncit. Tak lama kemudian, angkatlah kembali kepala Anda lalu kembalikan perut ke posisi semula. Dalam satu kali sesi latihan, lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali.

  • Jongkok

Sama halnya seperti gerakan merangkak, aktivitas ini berguna untuk menguatkan otot sekitar perut. Selain itu, jongkok juga membantu untuk menguatkan otot paha yang memiliki peranan penting saat persalinan. Caranya, awali gerakan dengan sikap berdiri tegak, kemudian turunkan badan secara perlahan dengan posisi punggung tetap tegak hingga sampai pada posisi jongkok yang benar dan nyaman. Berdirilah lagi sekitar 1o menit dan ulangi gerakan tersebut.

  • Jalan Kaki

Jalan kaki tak hanya berguna untuk memperkuat otot kaki juga paha saja, tetapi dapat menguatkan otot pinggul dan punggung. Selain itu, jalan kaki akan membantu memposisikan bayi pada jalan lahir sehingga dapat memperlancar persalinan yang sebentar lagi terjadi.

Nah, itulah beberapa gerakan yang bisa dilakukan ibu hamil untuk memperlancar persalinan. Pastikan, ketika memasuki usia 9 bulan ini, Anda lebih sering menghabiskan waktu untuk kegiatan yang menyehatkan dan membantu memperlancar persalinan. Lakukan olahraga secara rutin, ya!

author
No Response

Leave a reply "Tahukah 4 Gerakan yang Bikin Persalinan Lancar?"