Tahukah Anda, Beberapa Masalah Fisik Awal Kehamilan?

tanda awal kehamilan

Halo Bun, bagaiamana kabar hari ini? Memasuki trisemester pertama, biasanya banyak hal yang akan membuat Anda merasakan suatu keanehan pada diri sendiri. Sebab, kenaikan hormon yang terjadi menyebabkan banyak perubahan dalam tubuh, termasuk perubahan fisik dan emosi. Namun, tidak perlu khawatir karena tanda awal kehamilan tersebut terbilang cukup wajar.

Jika ini pertama kalinya Anda merasakan peranan seorang wanita hamil, maka jadikan pengalaman baru menjadi hal yang menyenangkan. Meskipun harus menghadapi beberapa keluhan karena adanya perubahan dalam tubuh. Lantas, masalah apa saja yang biasanya dialami ibu hamil pada awal kehamilan ini? Yuk, simak informasi penting dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Kram Pada Kaki dan Perut Bagian Bawah

Kram kaki dan perut memang akan sering dialami terutama masih dalam umur 3 bulan pertama mengandung. Sebenarnya, kram ini disebabkan karena otot-otot kaki yang kaku karena menopang tubuh berat tubuh ibu hamil yang makin bertambah. Seiring dengan usia kandungan yang makin bertambah, maka kram kaki juga sering dirasakan.

Untuk menghindari kram kaki ini, rendamlah kaki dengan air hangat yang telah dicampur dengan garam. Lakukan pula peregangan pada pagi hari seperti jalan-jalan dan memijat pada bagian betis. Saat bepergian, bawalah bola pimpong untuk membantu meregangkan otot kaki yang tegang tersebut. Caranya, letakkan bola pimpong tersebut di bawah telapak kaki sambil duduk santai.

  • Varises

Berat tubuh yang makin bertambah menyebabkan penekanan pada daerah pembuluh vena. Akibatnya, pembuluh darah berwarna kebiruan menonjol di bawah permukaan kulit. Varises ini tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi ada beberapa kasus yang dapat menyebabkan rasa gatal.

Untuk menghindari varises, usahakan jangan berdiri terlalu lama. Saat duduk pun, usahakan agar posisi kaki selalu dalam posisi lurus dan menelapak di atas lantai. Hindari pemakaian high heels agar peredaran darah tetap lancar. Saat tidur, letakkan bantal empuk di bawah kaki untuk membantu me-rileks-kan otot-otot kaki yang tegang usai aktivitas seharian.

  • Back Pain

Nyeri punggung ini memang menjadi keluhan yang sering dialami ibu hamil. Back pain dipicu oleh membesarnya ukuran rahim karena perkembangan janin yang makin hari makin besar. Akibatnya, otot perut melemat tetapu otot bagian belakang makin kenvang karena menopang berat tubuh saat hamil.

Nah, Anda harus bersabar untuk menahan keluthan yang terbilang wajar sebagai tanda awal kehamilan ini. Tetaplah mengonsumsi banyak makanan bergizi tinggi agar ia terlahir dengan sempurna dan sehat. Kesabaran ini akan membuahkan kegembiraan dikemudian hari, kok!

author
No Response

Leave a reply "Tahukah Anda, Beberapa Masalah Fisik Awal Kehamilan?"