Tanda Atau Ciri Ibu Hamil Ingin Melahirkan

Tanda KehamilanTanda Kehamilan – Mengenali tanda-tanda kehamilan ibu hamil akan melahirkan memang cukup sulit untuk ditebak, terutama bagi yang baru menjadi pasangan suami istri dan menunggu kelahiran anak pertama. Ketuban memang salah satu tanda atau ciri jika ibu hamil ingin melahirkan.

Tapi, ketahuilah bahwa masih ada gejala atau ciri-ciri lain yang ditunjukkan ibu hamil jika dirinya ingin melahirkan. Sebagai suami, tentunya Anda harus sudah waspada ketika sang istri sudah mendekati harinya untuk melahirkan.

Lalu, apa saja tanda-tanda yang ditunjukkan ibu hamil jikan ingin melahirkan? Dilansir dari berbagai situs kesehatan, inilah ciri-ciri ibu hamil ingin melahirkan:

1. Keluarnya lendir atau flek
Salah satu pertanda semakin dekatnya tanggal kelahiran adalah bertambahnya cairan lendir dari vagina. Ini adalah pertanda awal bahwa ibu akan segera melahirkan. Pada masa ini, mulut rahim melunak untuk mempersiapkan kelahiran.

2. Nyeri punggung
Pada beberapa wanita, awal persalinan biasanya dimulai dengan sakit pada bagian punggung bawah yang terus menerus. Hal ini adalah pertanda yang normal terjadi dan nyeri dapat diredakan dengan parasetamol dosis rendah, tentunya dengan anjuran dokter.

3. Kram
Adanya kram atau nyeri pada perut yang rasanya seperti saat datang bulan juga merupakan pertanda bahwa kelahiran semakin dekat. Jika Ibu merasa tak nyaman, cobalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh lebih nyaman, rileks, dan meredakan nyeri pada perut.

Kram yang Anda rasakan itu tidak melulu berarti Anda mengalami kontraksi. Karena bisa jadi Anda mengalami kontraksi palsu, atau yang disebut dengan Braxton Hicks. Cara untuk mengetahui perbedaan antara Braxton Hicks dan kontraksi asli adalah, kontraksi palsu ini akan reda saat Anda melakukan aktivitas ringan seperti berjalan atau meminum air.

4. Air ketuban pecah
Selama kehamilan, bayi mengambang dalam kantung berisi air ketuban yang melindunginya dari segala guncangan. Sesaat sebelum lahir kantung ketuban tersebut akan pecah, atau yang dikenal sebagai ‘ketuban pecah’. Pertanda kelahiran ini adalah salah satu pertanda yang wajib diketahui oleh para wanita yang sedang hamil.

5. Gangguan Perut
Jika Anda mengalami gangguan perut, bisa jadi tubuh sedang bersiap-siap untuk menghadapi persalinan. Tanda ini merupakan hal yang normal terjadi. Pasalnya hormon prostaglandin menstimulasi perut untuk lebih sering membuka.

6. Sering Ingin Buang Air Kecil

Salah satu gejala dari ibu yang sebentar lagi akan melahirkan adalah meningkatnya frekuensi Anda dalam buang air kecil. Hal ini disebabkan karena selama beberapa minggu sebelum waktu persalinan tiba, bayi Anda akan mulai turun ke area tulang panggul. Rahim pun akan menimpa kandung kemih sehingga menstimulasi keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering dari biasanya.

7. Perubahan pada Serviks

Perubahan pra-persalinan juga akan semakin terlihat pada area serviks. Di masa ini, jaringan serviks Anda akan mengalami pelunakan dan menjadi lebih elastis. Hal itu ditujukan untuk mempermudah proses persalinan bayi nantinya. Akan tetapi, perubahan pada serviks ini sebenarnya tidak dapat dijadikan acuan akan kapan persalinan akan terjadi, apalagi jika Anda baru kali ini menjalani masa kehamilan. Sedangkan apabila Anda sudah pernah melahirkan sebelumnya, jaringan serviks Anda akan lebih mudah membesar selebar sekitar satu atau dua sentimeter.

 

No Response

Leave a reply "Tanda Atau Ciri Ibu Hamil Ingin Melahirkan"