Tanda Awal Kehamilan Ini Muncul Sebelum Menstruasi Terlambat

Bagi Anda yang sudah lama menantikan kehadiran si kecil ke tengah-tengah keluarga Anda, penantian munculnya tanda-tanda awal kehamilan bisa jadi hal yang membuat Anda harap-harap cemas. Hingga saat ini jadwal menstruasi yang meleset seringkali dianggap menjadi pertanda dari kehamilan. Padahal, telat menstruasi bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti faktor stres atau faktor lainnya. Dan siapa yang menyangka kalau ternyata sebenarnya tanda awal kehamilan tersebut sudah muncul bahkan sebelum jadwal menstruasi Anda terlambat?

 

  • Indera Penciuman Menjadi Lebih Sensitif Terhadap Bau

Anda mungkin tidak terlalu menyadarinya, tapi tanda awal kehamilan biasanya juga ditandai dengan meningkatnya indera penciuman Anda. Hidung Anda menjadi lebih sensitif dan penciuman Anda menjadi jauh lebih tajam. Jangan heran jika Anda mendadak merasakan mual ketika melintasi bakery atau mungkin tidak tahan dengan bau parfum yang sebelumnya jadi favorit Anda. Penyebab dari tajamnya indera penciuman Anda adalah adanya peningkatan hormon progesteron dalam tubuh Anda.

 

  • Kram Perut

Sebagian besar ibu hamil mengaku mengalami kram menyerupai kram perut saat mereka mengalami menstruasi. Umumnya kram tersebut muncul karena sel telur yang dilepaskan ovarium telah menanamkan diri pada dinding rahim. Tapi, karena kram perut ini sedemikian mirip dengan kram menstruasi, kebanyakan ibu hamil menganggapnya sebagai nyeri pra-menstruasi.

 

  • Munculnya Flek Kecoklatan

Salah satu gejala yang bisa jadi merupakan tanda awal dari kehamilan adalah munculnya flek-flek darah berwarna coklat dari vagina. Anda tidak perlu panik, karena hal tersebut sangat normal dan bukan tanda dari pendarahan. Bercak darah yang muncul adalah efek dari tertanamnya sel telur pada dinding rahim.

 

Walaupun kemungkinan besar flek tersebut muncul sebagai tanda dari datangnya menstruasi, tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut menandakan tahap awal kehamilan Anda.

 

  • Anda Gampang Merasa Lelah

Ini adalah tanda awal dari kehamilan yang paling sering terlewati. Di usia awal kehamilan, tubuh Anda akan bekerja beberapa puluh kali lebih besar untuk menyediakan lingkungan yang tepat agar janin dapat berkembang dengan baik. Pergolakan hormon dan aktivitas tubuh tersebut secara otomatis membuat Anda akan mudah merasa lemas dan kelelahan. Dengan kondisi tubuh yang seperti itu, sistem imunitas tubuh pun secara otomatis mengalami penurunan fungsi.  Untuk menjaga agar tubuh Anda tetap bertenaga, perbanyaklah konsumsi protein untuk memberikan kalori menyehatkan untuk tubuh Anda.

 

Semoga informasi tentang tanda awal kehamilan ini bermanfaat mencerahkan Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tanda Awal Kehamilan Ini Muncul Sebelum Menstruasi Terlambat"