Tanda-tanda kehamilan Tidak Pasti

No comment 1226 views

Tanda-tanda kehamilan Tidak Pasti

Tanda KehamilanTanda kehamilan pertama, adalah peristiwa yang amat dinantikan oleh banyak pasangan muda. Kadang-kadang begitu kuatnya keinginan itu sehingga seseorang sudah merasa hamil dengan berbagai keluhannya, padahal dia belum benar-benar hamil.

Tanda-tanda kehamilan

Pada dasarnya, seiring dengan berkembangnya janin di dalam rahim, terjadi perubahan hormonal pada diri seseorang wanita yang akan mempengaruhi kondisi fisik maupun emosinya.
Ada beberapa gejala yang menandai terjadinya kehamilan. Gejala-gejala ini memang tidak sama dialami oleh seorang wanita dengan yang lainnya, namun sebagian besar merasakannya dalam tingkatan yang berbeda-beda.

Tanda kehamilan Tidak Pasti

Mengapa disebut “tak pasti”? Sebab, gejala-gejala berikut ini memang umum dirasakan oleh wanita hamil, tapi belum tentu itu sebagai pertanda hamil. Ada juga keadaan lain yang mempunyai gejala yang serupa, misalnya menderita penyakit tertentu.

Tanda kehamilan – Konstipasi (Sulit Buang Air Besar)

Terjadi karena efek relaksasi hormon progrestoren atau dapat juga karena perubahan pola makan.

Tanda kehamilan – Perubahan Berat Badan

Pada kehamilan muda, kadang berat badan tidak baik. Bahkan sering pula turun sampai 2-3 kg karena nafsu makan turun dan sering muntah-muntah. Setelah tiga bulan biasanya berat selalu naik sampai stabil menjelang kelahiran.

Tanda kehamilan – Buah Dada Tegang dan Membesar

Terjadi akibat meningkatnya hormon estrogen dan progrestrogen yang mempengaruhi perkembangan kelenjar.

Tanda kehamilan – Keluhan Kencing

Seringnya kencing pada bulan-bulan pertama kehamilan, Insya Allah terjadi karena kandung kencing, tertekan oleh rahim yang mulai membesar. Pada triwulan ll, umumnya keluhan ini hilang karena rahim yang membesar keluar dari panggul.

Tanda kehamilan – Perubahan Suhu Pada Basal Badan

Kenaikan suhu basal(suhu pada saat istirahat) lebih dari tiga pekan, biasanya telah terjadi kehamilan.

Tanda kehamilan – Tidak Haid (Amenorhea)

Gejala ini yang paling umum dikenal sebagai tanda kehamilan, meskipun ada pula penyakit yang ditandai dengan datangnya haid, misal hamil anggur (mola hidatidosa). Karena itu, wanita yang menikah penting untuk memperhatikan hari mulainya haid yang terakhir agar dapat ditentukan usia kehamilan serta perkiraan tanggal kelahirannya.

Tanda kehamilan – Mual dan Muntah

Ini juga gejala yang sangat umum, mulai dari rasa sampai muntah yang berkepanjangan. Sering dikenal dengan “morning sickness” karena munculnya sering pagi hari. Biasanya gejala ini beriringan dengan nafsu makan, tubuh menjadi lemah kadang-kadang pingsan.

author
No Response

Leave a reply "Tanda-tanda kehamilan Tidak Pasti"