Naik Pesawat Saat Hamil, Aman Nggak Ya?

No comment 5868 views

wanita hamil

Naik pesawat saat hamil – Apakah naik pesawat cukup aman untuk wanita hamil? Pertanyaan itu seringkali menghantui wanita hamil yang ingin bepergian dengan menggunakan transportasi udara. Tak sedikit wanita hamil yang masih takut untuk bepergian dengan menggunakan pesawat terbang ketika hamil dengan alasan tertentu, misalnya kekhawatiran akan risiko radiasi ataupun tekanan udara dalam kabin serta pembekuan darah yang bisa berpengaruh terhadap kandungan.

Umumnya, bepergian menggunakan pesawat cukup aman dilakukan wanita hamil yang memiliki kondisi kesehatan kehamilan prima. Namun, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum Ibu berencana melakukan penerbangan. Waktu terbaik bagi wanita hamil yang ingin naik pesawat adalah ada saat kehamilan memasuki usia pertengahan yaitu sekitar minggu ke 14-28. Pada masa tersebut, kondisi wanita hamil biasanya juga lebih baik, intensitas mual muntah sudah cukup berkurang dan risiko keguguran cukup rendah. Nah, apa saja yang harus diperhatikan jika ingin naik pesawat saat hamil? Ini tipsnya:

1. Periksa kebijakan maskapai

Bagi wanita hamil penting untuk memeriksa terlebih dahulu kebijakan maskapai penerbangan bagi perjalanan udara ibu hamil. Pedoman untuk wanita hamil ini bisa jadi bervariasi bergantung pada kebijakan setiap operator penerbangan dan tujuan terbang.

2. Pesan tempat duduk strategis

Usahakan agar sebisa mungkin memesan tempat duduk yang cukup strategis dan nyaman untuk wanita hamil. Pilih tempat duduk yang dengan lorong untuk memudahkan akses wanita hamil ketika hendak pergi ke toilet dan antisipasi ketika merasa mual.

3. Tingkatkan sirkulasi

Bila memungkinkan, sebaiknya ibu hamil menghindari duduk yang terlalu lama di dalam pesawat. Ini dapat meningkatkan risiko pembekuan darah di bagian kaki dan bisa menjalar sampai ke paru-paru. Untuk menghindari ini, wanita hamil perlu meregangkan otot secara berkala dengan berjalan-jalan ke lorong sesekali waktu atau sejam sekali jika Ibu memiliki perjalanan yang cukup panjang.

4. Perbanyak minum

Perbanyak minum air putih selama perjalanan pesawat dapat menghindarkan wanita hamil dari risiko dehidrasi. Kekurangan cairan pada wanita hamil selama penerbangan dapat menyebabkan pembekuan darah. Untuk menghindari ini, bawalah air putih kemana pun Ibu pergi dan minumlah sesering mungkin.

5. Pilih baju yang nyaman

Yap, mengenakan pakaian yang nyaman bisa membuat Anda merasa lebih baik saat berada di dalam pesawat. Pilihlah baju hamil dengan bahan yang ringan dan gunakan sepatu yang nyaman. Anda bisa menambahkan jaket yang longgar bila merasa dingin dengan pendingin udara di dalam kabin. Usahakan juga untuk selalu merasa rileks selama penerbangan, karena terus-terusan tegang tidak akan membantu Anda merasa lebih baik.

Selama penerbangan, penurunan tekanan udara bisa mengurangi kadar oksigen dalam darah, namun kondisi ini tidak menimbulkan risiko jika kondisi wanita hamil sehat. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan Ibu sebelum memutuskan untuk melakukan penerbangan. Meskipun cukup aman, namun sebaiknya wanita hamil memang membatasi jumlah perjalanan udara selama masa hamil karena risiko pembekuan darah dua kali lebih besar dari penumpang pesawat lain yang tidak dalam masa hamil.

author
No Response

Leave a reply "Naik Pesawat Saat Hamil, Aman Nggak Ya?"