Terkuak, Manfaat Albumin Pada Ibu Hamil Yang Wajib Anda Tahu!

KatalogIbu – Moms, sudah tahu belum pengertian albumin dan manfaatnya? Buat calon Moms yang belum mengetahuinya, baca ulasan berikut ini ya. Albumin adalah salah satu protein utama dalam darah yang memiliki banyak fungsi dan merupakan bagian terpenting dalam struktur plasma darah. Lantas apa ada manfaat albumin pada ibu hamil?

 

Yups, albumin sangatlah penting bagi kesehatan terutama untuk Moms yang sedang mengandung si buah hati. Peranan albumin sendiri antara lain untuk mengatur osmotik darah, menjaga keseimbangan tubuh, sebagai pengangkut nutrisi di dalam tubuh, dan membantu memperbanyak sel di dalam tubuh.

 

Albumin sendiri terbentuk dari asupan protein ke dalam tubuh. Semakin bertambah usia, albumin yang diperlukan tubuh juga semakin banyak. Karena, semakin bertambahnya usia, maka kerusakan sel – sel akan semakin massif sehingga albumin sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sel yang rusak.

 

Moms, ini juga sangat penting untuk menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu juga membantu Anda agar tidak mengalami endema, yaitu akumulasi cairan di dalam jaringan yang dapat membuat tubuh membengkak. Tak hanya itu albumin juga dapat memperbaiki gizi buruk pada ibu hamil.

 

Lantas, berapa sih kadar normal albumin? Normal albumin dalam darah adalah 3.4 – 5.4 g/dl. Apabila seorang ibu hamil kekurangan albumin, maka bayi akan mengalami hambatan di dalam kandungan. Kekurangan tersebut sering terjadi pada masa kehamilan ke 7 bulan. Hal itu dikarenakan aliran darah mengalir ke tubuh ibu hamil.

 

Terlepas dari itu, makanan apa yang dapat memenuhi protein paling tinggi yang baik untuk menjaga kandungan kadar albumin dalam tubuh? Seperti banyak informasi, ikan gabus memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, selain itu yaitu, telur, ikan, daging, susu, dsb.

 

Dari beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, ternyata albumin juga bisa memberikan efek negatif bagi ibu hamil apabila mengkonsumsi secara berlebihan. Berikut beberapa efek negatif yang ditimbulhan akibat kelebihan albumin bagi ibu hamil:

  1. Gangguan pernafasan
  2. Menyebabkan penyakit leukemia
  3. Menyebabkan iritasi kulit
  4. Merusak fungsi ginjal
  5. Menimbulkan peradangan sendi

 

Moms, manfaat albumin bagi ibu hamil memang baik, tapi apabila dikonsumsi dengan jumlah yang benar. Nah, sebaiknya Anda lebih memperhatikan asupan albumin pada tubuh Anda ya. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Terkuak, Manfaat Albumin Pada Ibu Hamil Yang Wajib Anda Tahu!"