Ternyata, Ini Fungsi Air Ketuban!

No comment 511 views

Ternyata, Ini Fungsi Air Ketuban!

Bunda, tentu Anda mengetahui bahwa ketika air ketuban pecah maka hari kelahiran bayi Anda telah tiba dan Anda perlu dengan secepatnya mengunjungi rumah sakit bersalin untuk memulai persalinan. Akan tetapi, apakah fungsi dari air ketuban hanyalah sebagai penanda dari hari persalinan saja? Apakah Anda tahu bahwa ternyata masih terdapat banyak lagi fungsi air ketuban?

Fungsi air ketuban yang paling utama adalah sebagai pelindung bayi selama ia berada di dalam rahim. Cairan ketuban yang mengelilingi bayi berfungsi secara efektif dalam meredam guncangan maupun benturan yang berasal dari dunia luar. Hal tersebut mencegah bayi dari terpelanting yang dapat mengakibatkan janin mengalami trauma. Kandungan enzim dan zat-zat antibodi yang juga menjadi komposisi utama dari air ketuban membantu mencegah janin terkena infeksi dari virus dan bakteri yang berpotensi mengakibatkan terhambatnya proses tumbuh kembang janin.

Beberapa fungsi lain dari air ketuban adalah ia turut membantu merangsang pertumbuhan organ paru-paru bayi, Pada minggu-minggu awal terbentuknya janin, organ paru-parunya masih belum terbentuk dengan sempurna dan memiliki penampakan yang serupa dengan pembungkus plastik yang kusut. Seiring dengan waktu, janin akan tumbuh dan menghisap air ketuban, dan hal tersebut memicu berkembangnya jaringan paru-paru.  Baca juga: Moms, Ini Tips Memilih Tempat Bersalin

Air ketuban juga dapat dibilang merupakan gym pertama bagi buah hati Anda. Adanya air ketuban yang merendam bayi Anda memungkinkan bayi Anda untuk berenang di dalamnya dan memudahkannya dalam bergerak. Hal tersebut secara tidak langsung turut berperan dalam pembentukan tulang-tulang di tubuhnya serta memperkuat struktur tulang sehingga meminimalisir kemungkinan bayi mengalami lumpuh.

Di usianya yang sangat muda, kulit bayi Anda belum memiliki kemampuan untuk meregulasi temperatur tubuhnya sendiri. Air ketuban membantu mengkondisikan suhu di dalam kantung rahim agar tetap hangat sehingga bayi Anda tetap berada dalam kondisi yang nyaman dengan suhu tubuh yang terjaga.

Air ketuban juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pengkerutan tali plasenta. Seperti yang Anda tahu, tali plasenta merupakan saluran membran yang berfungsi untuk menyalurkan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Agar tali plasenta tersebut dapat memenuhi tugasnya dengan baik, ia harus tetap berada dalam keadaan lembap. Karena apabila tidak, maka plasenta akan mengering dan penyaluran nutrisi untuk bayi Anda pun akan terhambat.

Air ketuban juga dapat membantu dokter untuk mendiagnosis ada tidaknya kelainan pada janin dengan mengamati jumlah volume dari air ketuban. Dengan diketahui adanya perubahan pada volume air ketuban akan membantu dokter dalam melakukan tindakan perawatan yang dapat mencegah kelainan kehamilan yang tidak diinginkan.

Demikianlah beberapa fungsi air ketuban. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Ternyata, Ini Fungsi Air Ketuban!"