Ternyata, Ubi Jalar Baik untuk Ibu Hamil Lho

ubi jalar

Bun, makanan sehat untuk ibu hamil tidak hanya diperoleh dari beragam jenis sayuran hijau saja. Namun, umbi-umbian juga bisa menjadi pilihan sehat sebagai kudapan alternatif, seperti ubi jalar. Yah, harga yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan di sekita rumah, tak mengurangi khasiat baiknya untuk memelihara kesehatan ibu hamil.

Ubi jalar bisa divariasikan menjadi beragam sajian lezat sehingga cocok sebagai camilan sehat di tengah-tengah jeda makan siang dan makan malam. Bahan alami ini mengandung banyak nutrisi sehat seperti vitamin A dan E yang baik untuk wanita hamil dan perkembangan janinnya. Berikut ini manfaat baik ubi jalar yang pas dikonsumsi saat hamil:

  • Mengurangi Rasa Mual

Morning sickness memang biasa dialami seorang wanita hamil, terutama saat masih berada di trisemester pertama. Rasa mual, muntah, serat pusing terkadang sangat menyiksa apabila terjadi secara terus-menerus. Untuk menguranginya, Anda bisa mengonsumsi ubi jalar secara rutin. Makanan padat ini bisa membantu menenangkan tubuh Anda yang sedang beradaptasi dengan kondisi kehamilan ini.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Salah satu gangguan pencernaan yang sering diderita oleh ibu hamil adalah sembelit atau konstipasi. Kandungan serat di dalam ubi jalar dipercaya dapat memperlancar BAB. Oleh karena itu, sisipkan selalu ubi jalar dalam menu-menu kudapan sehat Anda untuk mengurangi rasa sakit saat buang air besar.

  • Mengurangi Gejala Diabetes

Wanita hamil yang memiliki riwayat diabetes pastilah tidak bisa mengonsumsi nasi terlalu banyak. Ubi jalar dapat menjadi makanan sehat untuk ibu hamil yang menderita diabetes. Kudapan sehat berasal dari alam ini akan memberikan rasa kenyang yang tidak jauh berbeda saat Anda mengonsumsi nasi.

  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antosianin yang merupakan senyawa flavoid ini berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, melindungi kesehatan hati, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke. Oleh karena itu, mengonsumsi ubi jalar dengan rutin akan meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berada di sekitar Anda.

Banyak kan, manfaat ubi jalar sebagai makanan sehat untuk ibu hamil? Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu untuk menjadikan ubi jalar sebagai kudapan sehat saat hamil ini. Jika Anda sudah bosan mengonsumsi ubi jalar yang direbus saja, carilah resep sajian sehat lainnya yang menggunakan bahan dasar umbi ini. Ayo Bun, berkreasi dengan ubi jalar!

author
No Response

Leave a reply "Ternyata, Ubi Jalar Baik untuk Ibu Hamil Lho"