Tips Ampuh! Redakan Ambeien Saat Hamil Dengan Ini

Katalogibu – Ambeien atau wasir merupakan kondisi vena di plekus hemorrodalis mengalami pelebaran, juga adanya pembengkakan pada bagian lubang anus. Penyakit ini dialami oleh siapa saja, termasuk dialami oleh ibu yang tengah mengandung, terlebih lagi ketika menjelang persalinan. Perlu Anda ketahui, kondisi kehamilan yang sehat akan menyebabkan adanya perubahan fisik bagi calon ibu, kondisi ini disesuaikan dengan tahap perkembangan janin yang dikandung. Untuk itu, simak pembahasan dibawah ini tentang ambeien saat hamil.

Jika didiamkan dan tidak ditangani dengan baik dan benar, maka ambeien saat hamil akan menyebabkan luka serta menimbulkan rasa nyeri yang disebabkan karena terjadinya peradangan, terlebih lagi terjadi sesusai proses persalinan. Ambeien yang meradang memang akan terasa begitu sakit. Namun, meskipun begitu jangan merasa khawatir karena munculnya ganggguan tersebut bisa di cegah dengan cara menghindari sembelit dan mengejan pada saat buang air besar. Tidak hanya itu, Anda juga harus menjaga otot di sekitar rectum atau anus agar tetap dalam keadaan kuat. Dimana untuk mewujudkan itu semua yaitu dengan melakukan latian kegel.

Jika ambeien sudah meradang, maka tips yang boleh dicoba di bawah ini bisa membantu Anda untuk redakan ambeien saat hamil:

  1. Duduk berendam air hangat

Air hangat cukup efektif dalam mencairkan pengumpalan darah yang membeku. Lakukanlah secara rutin sekitar 10-15 menit, dengan air hangat bersuhu 40-60 derajat celcius.

  1. Gunakan es batu

Es batu dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi aliran darah dan pembuluh darah yang melebar.

  1. Kurangi tekanan perut dengan “SOS”

SOS itu maksudnya sleep on side atau berbaring dengan posisi miring.

  1. Rutinlah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan setiap hari

Makanan yang dibutuhkan oleh penderita ambeien adalah makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin. Mengkonsumsi buah seperti papaya atau bayam sangat direkomendasikan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Dianjurkan meminum air putih 1,5 liter – 2 liter perhari untuk membantu menyembuhkan ambeien.

  1. Sering Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti berjalan kaki 30 menit atau berenang sangat baik untuk ibu hamil.

  1. Coba bahan alami

Lidah buaya merupakan tanaman alami yang cocok untuk menyembuhkan wasir.

Demikian tips mengatasi ambeien saat hamil. Dengan menggunakan penanganan yang tepat dan cepat maka ambeien atau wasir pun dapat dicegah dan ditangani. Semoga bermanfaat untuk bunda ya.

author
No Response

Leave a reply "Tips Ampuh! Redakan Ambeien Saat Hamil Dengan Ini"