Tips Ibu Hamil yang Susah Tidur

No comment 2921 views

Tips Ibu Hamil Yang Susah Tidur

Ibu hamil susah tidur – Tidur adalah hal biasa kita lakukan setiap waktu bisa itu malam, siang, sore dan juga pagi hari. Kebanyakan fungsi tidur yaitu untuk mengistirahatkan semua tubuh kita, entah itu fikiran, tubuh, sistem dalam tubuh dan lainya. Tidur nyenyak merupakan karunia tuhan kepada kita sehingga setelah kita bangun tidur tubuh akan merasa bugar.

Jangan menjadikan masalah sulit tidur menjadi masalah besar, jika Anda merasakan kantuk, Anda bisa tidur kapan saja dan dimana saja, agar kebutuhan tidur selama 8 jam dapat terpenuhi. Lalu bagi ibu hamil, tidur bisa menjadian sebuah masalah karena perut yang buncit sehingga untuk berpindah posisi harus berhati hati terhadap kandungan yang ada di dalam perut.

Mungkin tidak semua ibu hamil susah tidur, tapi ibu hamil susah tidur bisa diatasi dengan cara cara yang akan kami share dalam artikel di bawah ini.

Mengatasi ibu hamil susah tidur

1. Posisi Tidur
Pilihlah posisi tidur yang nyaman, pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke 28, posisi tidur yang paling nyaman adalah dengan miring ke kiri atau bisa juga ke kanan. Tetapi posisi tidur miring ke kiri diyakini lebih baik, karena saat tubuh miring ke kiri pembuluh darah tidak di tekan oleh rahim dan tidak menggangu proses mengalirnya aliran darah juga tidak menggangu oksigenisasi dari jaringan ibu ke rahim.

2. Gunakan Bantal
Gunakanlah bantal di bagian kepala agar ibu hamil lebih mudah bernafas, dan juga gunakan lah bantal untuk mengganjal bagian kaki, lalu ganjal juga bagian tumit sampai ke betis. Bagian lutut dan paha juga diganjal dengan bantal. Pemberina bantal berfungsi untuk mengimbangi beban di perut.

3. Jangan Tidur Setelah Makan
Setelah makan jangan langsung tidur. perut yang terisi makanan akan tidak terasa nyaman jika digunakan untuk berbaring, sebaiknya anda melakukan aktifitas kecil atau menunggu beberapa saat agar makanan yang ada di dalam perut bisa mengalami proses perncernaan dengan baik.

4. Lakukan Ritual Relaksasi Sebelum Tidur
Bila Anda mengalami masalah sulit tidur saat masa kehamilan, maka Anda sebaiknya melakukan beberapa hal yang bisa dijadikan “ritual” sebelum pergi tidur. Lakukan aktivitas seperti mandi air hangat, minum teh, mendengarkan musik yang lembut, atau aktivitas lain yang membuat Anda merasa relaks. Membuat tubuh merasa relaks akan memudahkan Anda untuk terlelap lebih cepat.

Itulah tips ibu hamil susah tidur agar bisa tidur nyenyak tanpa ada masalah dan bisa kembali bugar di pagi harinya.

Baca Juga Sulit hamil? Baca Tips cepat hamil ini!

author
No Response

Leave a reply "Tips Ibu Hamil yang Susah Tidur"