Tips Mengidam Sehat Untuk Gizi Yang Seimbang Dimasa Kehamilan

Tips Mengidam Sehat Untuk Gizi Yang Seimbang Dimasa Kehamilan

ngidam sehat saat hamil – Ngidam merupakan hal yang sangat umum terjadi pada ibu hamil, terutama pada periode awal kehamilannya. Banyak yang menganggap bahwa ngidam disaat hamil datang karena kebutuhan ibu akan nutrisi tertentu. Misalnya ibu hamil mengidam keripik kentang asin, ini disebabkan karena tubuh ibu hamil membutuhkan asupan sodium yang tinggi.

Banyak para ahli yang mengatakan hal berbeda, menurutnya ngidam muncul karena perubahan hormon didalam tubuh ibu hamil. Ada banyak fakta yang dihubungkan dengan penyebab ngidam, namun hal paling penting adalah ibu hamil sebaiknya saat ngidam memilih makananan yang sehat dan mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Agar kebutuhan nutrisi pada ibu hamil terpenuhi dengan baik. Berikut adalah tips ngidam sehat saat hamil  yang wajib para calon ibu ketahui :

Tips ngidam yang sehat untuk ibu hamil

  • Arti dibalik kata ngidam

Mengidam juga disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh ibu selama dalam masa kehamilan. Dan berkemungkinan besar ibu hamil yang merasa mual, dan lelah dikarenakan efek hormon kehamilan mencari makanan menurut seleranya sendiri hanya untuk membuat mereka merasa nyaman. Dan banyak ahli yang percaya bahwa ngidam adalah pencampuran antara perubahan fisiologi, psikologi, sikap dalam keseharian, dan termasuk juga faktor kebudayaan. Disisi lain para ahli gizi menyakini bahwa ngidam adalah tanda – tanda yang berarti dari tubuh.

Berikut adalah makanan umum yang sering di idamkan oleh ibu hamil dan salah satu penyebab ibu hamil kekurangan zat gizi :

  • Mengidam es batu

Pada ibu hamil biasanya menginginkan untuk memakan atau mengunyah es batu hal ini disebut dengan pagophagia. Ini bisa jadi tanda – tanda bahwa ibu hamil mengalami kekurangan zat besi dan juga anemia. Banyak dokter menyatakan bahwa selain kekurang zat besi pagophagia bisa muncul dikarenakan ibu hamil mengalami emosional seperti halnya stress.

  • Mengidam coklat

Apabila ibu hamil mengidam coklat batangan dimasa kehamilannya, ini bisa disebabkan karena tubuh ibu lebih banyak membutuhkan kalori dan juga magnesium. Ibu bisa mendapatkan magnesium dari kacang – kacangan atau sayuran hijau yang lebih baik daripada coklat.

  • Mengidam buah

Coklat dan buah – buahan sering sekali membuat ibu hamil mengidam. Mengidam yang seperti ini disebabkan karena ibu hamil perubahan hormon dan kebutuhan tubuh ibu hamil. Mengidam buah – buahan merupakan tanda – tanda bahwa tubuh ibu hamil kekurangan vitamin dan zat tertentu seperti vitamin A dan vitamin C.

Nah itulah bunda beberapa tips ngidam sehat saat hamil yang perlu untuk diketahui. Ganti ngidam dengan makanan alternatif yang sehat seperti gantilah sepotong coklat dengan coklat panas yang terbuat dari susu skim atau juga bisa mengganti permen dengan manisan buah atau jus buah. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk tentang Iniloh Tips Tepat Menjaga Mood Di Kehamilan Kedua!

author
No Response

Leave a reply "Tips Mengidam Sehat Untuk Gizi Yang Seimbang Dimasa Kehamilan"