Trik Tepat Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil Trimseter 2

diare pada ibu hamil trimester 2

diare pada ibu hamil trimester 2 – Diare memiliki gejala buang air besar yang terus menerus dan membuat penderita diare menjadi lemas dan kekurangan cairan. Apalagi jika asupan air yang diminumnya lebih sedikit daripada cairan yang keluar. Pada umumnya diare disebabkan karena adanya peradangan diselaput lendir usus yang berakibat gerakan pada isi perut berjalan tidak normal.

Jangan sekali – sekali abaikan diare karena bisa sangat membahayakan apalagi jika diare terjadi pada ibu hamil yang sedang mengandung karena janin yang ada didalam kandungannya membutuhkan nutrisi yang cukup tinggi. Berikut adalah cara mengatasi diare pada ibu hamil trimester 2 yang perlu diketahui :

Cara mengatasi diare pada kehamilan trimester kedua

  • Cara mengatasi diare pada ibu hamil trimester kedua

Salah satu cara untuk mencegah diare adalah dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar terhindar dari bakteri yang dibawa dari makanan dan minuman yang kotor atau kurang terjaga kebersihannya. Bagi ibu hamil yang mengalami diare salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan menjga cairan tubuh agar tidak kering atau dehidrasi yaitu dengan memperbanyak minum minimal 2 liter perhari serta harus makan dengan teratur setiap hari. Usahakan pada ibu hamil yang menderita makan makanan yang lembut misalnya seperti memakan bubur. Selain itu, ibu hamil yang mengalami diare sangat disarankan untuk memakan makanan yang sehat seperti halnya memakan sayur dan buah – buahan.

Untuk mengganti cairan yang terus menerus berkurang ibu hamil bisa meminum cairan oralit atau cairan yang terbuat dari gula dan garam. Pengobatan herbal pun bisa digunakan untuk mengobati diare agar tidak membahayakan bagi kesehatan ibu hamil maupun janin yang ada didalam kandungan. Berikut adalah beberapa obat herbal atau ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati diare pada ibu hamil :

  • Bahan – bahan

– 30 gram daun jambu biji segar kemudian potong – potong

– 20 gram kunyit yang sudah dipotong – potong

  • Cara pembuatan

– Cuci bersih semua bahan yang sudah dipotong – potong tadi

– Kemudian rebus dengan air hingga setengah air rebusannya menyusut

– Selanjutnya saring air rebusan daun jambu biji dan juga kunyit tadi

– Dan yang terakhir dinginkan jika sudah dingin maka siap untuk diminum

Nah itulah beberapa cara mengatasi diare pada ibu hamil trimester 2 yang perlu diketahui. Jika pengobatan dirumah masih belum efektif untuk menyembuhkan dan mengatasi diare pada ibu hamil sebaiknya anda segera berkonsultasi sehingga akan mendapatkan perawatan secara langsung dari dokter agarb tidak membahayakan janin yang ada dalam kandungan dan juga ibu hamil. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk tentang Waspadai Keputihan Saat Hamil!

 

author
No Response

Leave a reply "Trik Tepat Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil Trimseter 2"