Wajib! Persiapan Mental saat Mudik bagi Ibu Hamil

1450036985preg2

Aktivitas mudik adalah suatu hal yang tidak terlewatkan setiap tahun setelah bulan puasa. Terutama bagi Bunda yang menikah dan ikut suami ke tanah perantauan, pasti sudah rindu sekali dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Tak mengherankan jika Anda langsung ribut mempersiapkan keperluan untuk mudik beberapa hari menjelang Idul Fitri. Tapi jangan sampai lupa satu persiapan yang paling penting, yaitu persiapan mental saat mudik bagi ibu hamil.

 
Ya, mudik saat hamil memang tidak disarankan bagi ibu hamil, apalagi jika Anda menginjak usia kehamilan trimester akhir. Faktor kelelahan selama berada di perjalanan menjadi salah satu pertimbangan utama, begitu juga dengan faktor paparan polusi udara selama perjalanan. Tapi, jika Bunda masih ngotot maka Anda memerlukan persiapan mental saat mudik bagi ibu hamil. salah satunya adalah mental sabar dalam mempersiapkan barang-barang yang Anda perlukan. Apa saja tips mudik yang nyaman bagi ibu hamil? Simak informasinya berikut ini.

 
• Hindari Menggunakan Alat Transportasi Umum
Bukannya sok kaya, tapi saat ini alat transportasi umum adalah jenis transportasi yang paling tidak disarankan jika Anda ingin mudik. Kendaraan umum biasanya akan dipenuhi sesak oleh penumpang, dan seringkali hal tersebut memicu mual. Belum lagi ditambah dengan adanya penumpang yang merokok atau kondisi tempat duduk yang memang tidak didesain khusus untuk ibu hamil. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, atau bisa juga menabung cukup uang untuk mencarter mobil.

 
• Konsultasi Terlebih Dulu dengan Dokter Kandungan
Ya, tips satu ini wajib Anda lakukan untuk menjamin perjalanan mudik yang aman bagi kehamilan Anda dan menyenangkan. Dokter kandungan akan merekomendasikan travel planning yang lebih rinci sekaligus memberikan suplemen dan obat-obatan yang Anda butuhkan selama perjalanan. Tidak menutup kemungkinan dokter juga akan memberikan vaksinasi untuk menjaga Anda dari penyakit endemi yang ada di wilayah tertentu.

 
• Pilih Trimester yang Tepat untuk Mudik
Untuk menjaga agar perjalanan mudik Anda tidak berdampak negatif terhadap kesehatan bayi, maka pemilihan momen yang tepat juga sangat penting. Trimester pertama dan trimester ketiga adalah momen yang tidak tepat jika Anda ingin ikut mudik. Pilihlah usia kehamilan trimester ke-2, dimana tubuh Anda sudah beradaptasi sempurna dengan kehamilan dan gejala awal kehamilan sudah mulai menghilang.

 
Demikianlah beberapa tips persiapan mental saat mudik bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Wajib! Persiapan Mental saat Mudik bagi Ibu Hamil"