Wanita Hamil, Inilah Tanda-tandanya

No comment 1288 views

gejala hamil

Kehamilan merupakan berita paling ditunggu oleh pasangan suami istri yang mendambakan seorang buah hati di tengah keluarga. Oleh karena itu, seorang istri harus memahami tanda-tanda wanita hamil agar mudah mendeteksi dini kehamilan.

Deteksi dini kehamilan merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar perkembangan janin segera diketahui. Ibu juga harus mulai menyiapkan menu makanan sehat untuk menjamin kebutuhan gizi janin dan kehamilan. Yuk, kenali tanda-tanda wanita hamil berikut ini:

  • Terlambat datang bulan

Tanda-tanda kehamilan ini merupakan hal yang paling jelas terlihat. Namun, jangan menjadikan keterlambatan haid ini sebagai patokan suatu kehamilan. Anda bisa saja terlambat datang bulan karena faktor stres, diet, atau gangguan hormonal yang lain. Segera konsultasikan dengan dokter jika saat ini Anda mengalami keterlambatan menstruasi.

  • Munculnya bercak darah

Tanda-tanda wanita hamil berikutnya adalah flek yang muncul sebelum masa menstruasi berikutnya. Biasanya, ini terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Timbulnya flek ini menandakan implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim yang subur. Terkadang, beberapa wanita menyalahartikan flek tersebut sebagai tanda datang bulan.

  • Kram perut

Selain timbulnya bercak darah, ibu hamil juga merasakan kram perut yang terjadi secara teratur selama kehamilan. Tidak hanya pada trimester pertama saja, tetapi rasa kram perut ini berlanjut pada trisemester kedua. Kram perut bisa hilang jika letak uterus berada di tengah dan disangga oleh panggul.

  • Sering meludah

Salah satu tanda-tanda wanita hamil adalah intensitas meludah semakin meningkat. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen. Biasanya, hal ini terjadi pada kehamilan trimester pertama dan akan menghilang setelah memasuki trimester kedua.

  • Ngidam

Tanda-tanda wanita hamil yang satu ini memang sudah akrab di telinga. Tanpa alasan yang jelas, biasanya ibu hamil merasakan ingin mengonsumsi makanan tertentu dan sangat kecewa apabila tidak dituruti. Namun apabila keinginan tersebut dituruti, keesokan harinya ibu hamil sudah tidak memiliki rasa antusias terhadap makanan tersebut.

  • Mual

Tanda-tanda wanita hamil ini sudah umum dialami pada saat mengandung. Sensitif terhadap bau tertentu bisa menyebabkan Anda mual dan pusing. Biasanya, rasa mual ini akan hilang dengan sendirinya saat memasuki trimester kedua.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda wanita hamil yang umum terjadi. Jika gejala tersebut saat ini Anda alami, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kepastian kehamilan.

author
No Response

Leave a reply "Wanita Hamil, Inilah Tanda-tandanya"