Waspada Resiko Cacar Air pada Ibu Hamil

No comment 1563 views

Waspada Resiko Cacar Air pada Ibu Hamil

Cacar air pada ibu hamil – Adanya benjolan kecil yang berisi cairan bening pada permukaan kulit dengan rasa yang gatal dan tidak jarang terasa panas di kulit sehingga Anda ingin menggaruknya, ini merupakan tanda bahwa Anda sedang terserang cacar air. Jika hal tersebut terjadi pada Anda itulah yang merupakan ciri – ciri cacar air. Ada yang bilang bahwa setiap orang pasti akan terserang cacar air baik bayi atau orang dewasa bahkan dalam keadaan apapun termasuk ketika hamil.

Cacar air saat hamil merupakan kasus yang jarang terjadi, tapi walaupun demikian akan menyebabkan permasalahan yang cukup serius. Resiko yang dialami penderita cacar air pada saat hamil tergantung dengan usia kehamilannya masing – masing. Berikut bahaya cacar air pada ibu hamil yang terjadi per trimester kehamilan.

Resiko cacar air pada ibu hamil per trimester

1. Trimester pertama
Cacar air saat hamil diusia kandungan 8 hingga 12 minggu ini dapat membahayakan janin karena pada usia ini merupakan tahap pembentukan organ – organ janin. Dan infeksi varisela akibat cacar air dapat membahayakan kehamilan.

2. Trimester kedua
Apabila cacar terjadi pada usia kehamilan 20 minggu maka janin akan aman karena telah mendapat antibodi dari ibu. Meskipun demikian anda harus tetap menjaga asupan nutrisi mengingat kurang nafsu makan akan meningkat dua kali lipat ketimbang ibu hamil normal lainnya. Hal ini disebabkan bintil-bintil mungkin muncul pada dekat mulut anda

3. Trimester ketiga
Bila terjadi pada trimester ketiga kehamilan, Anda memiliki risiko besar menderita radang paru karena virus varisela. Apabila cacar air terjadi di usia kehamilan trimester ketiga atau bayi anda lahir pada usia 2-4 hari dan terpapar cacar air akan mengancam kesehatannya.Oleh karena itu bayi yang baru lahir harus segera diimunisasi atau dikenal dengan vericella zoster Immune Globulin (VZIG) sedangkan apabila cacar terjadi di usia lebih dari 4 hari maka kondisi ini dinyatakan aman karena telah mendapatkan kekebalan tubuh.

Cacar air pada ibu hamil tidak hanya membuat Anda terganggu akibat gatal namun juga dapat mengancam perkembangan janin. Untuk Anda yang sedang terpapar cacar air saat hamil jangan melakukan vaksinasi karena virus akan dilemahkan jadi sama saja seperti infeksi. Namun jika Anda belum pernah mengalami cacar hingga persalinan segera melakukan vaksin setelah 4 hingga 8 minggu setelah melahirkan agar kehamilan berikutnya Anda tidak perlu cemas. Baca juga : 6 Langkah Mudah Merawat Bayi Cacar Air

author
No Response

Leave a reply "Waspada Resiko Cacar Air pada Ibu Hamil"