Waspada Terjadinya Kram Perut saat Hamil!

No comment 1447 views

Waspada Terjadinya Kram Perut saat Hamil!

Kram perut saat hamil – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ketika Anda sedang hamil akan mengalami banyak gangguan kehamilan yang harus diwaspadai dan menemukan cara terbaik dan tepat untuk mengatasinya. Salah satu masalah yang terjadi pada kehamilan yaitu kram perut. Sebagian orang menganggap perut kram saat hamil adalah hal yang biasa namun jika hal ini terjadi berkepanjangan bisa mengakibatkan masalah yang serius.

Kram perut saat hamil merupakan suatu keadaan dimana terjadinya kontraksi pada rahim. Sebelum menyimak cara mengatasi perut kram saat hamil, sebaiknya Anda harus mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kram perut saat kehamilan untuk menghindarinya.

Penyebab perut kram saat hamil

1. Implantasi
Kram perut yang terjadi saat kehamilan memasuki trimester pertama bisa disebabkan karena implantasi embrio ke dalam dinding rahim.

2. Orgasme
Yang menjadi penyebab kram perut lainnya yaitu orgasme, hal ini dapat menyebabkan kram pada bagian bawah dan perut saat kehamilan dan bisa mereda setelah beberapa menit.

3. Keguguran
Salah satu hal yang ditakutkan dari kram perut saat hamil yaitu merupakan indikasi keguguran. Anda tidak boleh menyepelekan perut kram saat hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

4. Stress
Tegang dan stress dapat menyebabkan kram perut karena otot – otot pada seluruh tubuh mengencang. Selain menyebabkan kram perut, stress juga harus dihindari oleh ibu hamil karena dapat menyembabkan keguguran.

5. Infeksi ginjal
Faktor lain penyebab kram perut ketika hamil yaitu terjadinya infeksi ginjal. Gejalanya berupa rasa nyeri di perut bagian bawah dan pinggul.

Perlunya mengatasi kram perut saat hamil harus dilakukan karena bila terjadi kram di usia kehamilan kurang dari 2 minggu dapat menyebabkan keguguran, namun hal ini masih wajar jika terjadi kram perut saat usia kehamilan 37 minggu ketas. Nah, setelah Anda mengetahui apa saja faktor penyebab kram perut saat hamil, berikut yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kram saat hamil.

1. Istirahat yang cukup
Terlalu banyak aktifitas saat hamil dapat menyebabkan terjadinya kram perut, untuk itu Anda harus banyak beristirahat. Istirahat juga dapat mengembalikan oksigen keperedaran darah yang terjadi disekitar perut.

2. Banyak makan buah dan sayur
Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi selama kehamilan dapat mencegah timbulnya kram perut. Salah satu makanan yang banyak mengandung gizi dan sehat yaitu buah – buahan dan sayuran.

3. Menghindari stress
Salah satu penyebab terjadinya kram perut yaitu stress, untuk itu Anda harus menghindari stress ketika hamil.

Setelah menyimak tentang hal – hal mengenai kram perut saat hamil, Anda perlu waspada dan menghindari hal yang dapat menimbulkan terjadinya kram perut ketika hamil. Baca juga : Yuk, Kenali Lebih dalam Fungsi Gizi pada Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Waspada Terjadinya Kram Perut saat Hamil!"