Waspadai 3 Penyakit Ibu Yang Dapat Menular Kejanin

gambar6

penyakit ibu yang menular kejanin – Kesehatan janin yang ada dalam kandungan sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan ibu saat hamil. Oleh karena itu pada kondisi hamil anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang membantu perkembangan bayi dengan maksimal. Meskipun begitu banyak ibu yang sangat khawatir dengan kondisi janinnya karena si ibu mengidap beberapa penyakit.

Bagi anda yang mengidap penyakit saat hamil segeralah periksa ke dokter apakah penyakit anda menular pada janin ataukah tidak. Berikut adalah daftar penyakit ibu yang menular kejanin yang wajib anda waspadai :

Penyakit – penyakit yang dapat menular ke janin

  • AIDS

Penyakit AIDS adalah penyakit menular yang menyerang kekebalan tubuh seseorang yang disebabkan oleh infeksi virus HIV. Gejala yang paling sering dialami ibu hamil adalah penurunan imunitas tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kanker atau gangguan sistem pencernaan. Sampai saat ini bidang kesehatan masih belum menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit AIDS yang hanya bisa hanya obat pencegahan penyakit AIDS. Penyakit ini harus sangat di waspadai bagi ibu hamil karena hampir 100 persen dapat menular ke janin yang dikandungnya. Penyakit ini menular melalui tiga cara antara lain sirkulasi darah pada ibu hamil dan janinnya, cairan darah pada saat persalinan dan juga pemberian ASI ekslusif pada bayi. Penyakit ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan janin dan juga mereka tidak akan bertahan lama hidup akibat virus HIV yang menyerang kekebalan tubuhnya.

  • Syphilis

Penyakit selanjutnya yang dapat menular ke janin adalah penyakit syphilis. Penyakit ini disebabkan karena si ibu sering berganti – ganti pasangan selain dapat membahayakan kesehatan janin penyakit ini juga dapat menyerang kesehatan si ibu. Hal ini dapat memperburuk kondisi si ibu dan juga bayi yang ada didalam kandungannya, cara penularan penyakit ini juga berbeda – beda tergantung dengan penularan bakteri yang ada didalam darah ibu. Pada janin yang tertular beresiko besar bayi lahir dengan tidak normal dan juga yang paling parah bisa menyebabkan kematian.

  • Hepatitis B

Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus yang menyerang organ hati. Gejala awalnya seperti mual, demam ringan, nyeri dibagian sendi dan akan mengalami bengkak pada perut bagian kanan. Gejala yang paling parah adalah kulit dan mata menjadi berwarna kuning dan juga disertai perubahan warna urin yang menjadi pekat. Apabila ibu menderita penyakit Hepatitis B ini sangat besar resiko penularannya ke pada janin dibandingkan dengan penularan penyakit AIDS.

Itulah moms beberapa penyakit ibu yang menular kejanin yang patut di waspadai. Dengan menjaga kesehatan anda dan janin anda secara baik dapat juga membantu anda untuk mengurangi resiko penyakit tersebut dan juga periksalah secara rutin ke dokter kandungan anda agar mengetahui perkembangan kesehatan janin dan juga kesehatan anda. Baca juga artikel tentang 6 Hal Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Waspadai 3 Penyakit Ibu Yang Dapat Menular Kejanin"