Waspadai Ini 6 Tanda Keguguran Pada Ibu Hamil Ini!

Waspadai 5 Tanda Keguguran pada Ibu Hamil ini!

Tanda Keguguran Pada Ibu Hamil – Ketika mendapatkan kabar gembira bahwa Anda sedang hamil, merupakan hal yang menyenangkan dan tidak bisa ternilai oleh apapun untuk pasangan suami istri yang sudah lama menantikan suara tangisan bayi dalam keluarga. Namun bagaiman jika sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh ibu hamil terjadi, misalnya seperti keguguran.

Keguguran merupakan kondisi dimana janin yang berada dalam kandungan meninggal sebelum usia 20 minggu. Hal ini merupakan kekhawatiran tersendiri dan ditakuti oleh ibu hamil. Bayangan hadirnya bayi mungil ditengah – tengah keluarga tiba – tiba sirna, apalagi ditambah dengan rasa sakit, stress, dan trauma akan menghantui Anda yang mengalami keguguran.

Untuk itu mari mendeteksi tanda keguguran lebih dini dan mengenal keguguran agar ibu hamil dapat terhindar kejadian yang satu ini. Berikut tanda keguguran pada ibu hamil yang menunjukan adanya hal yang tidak benar pada kehamilan Anda seperti yang dikutip dari katalogibu.com.

Mendeteksi tanda keguguran pada ibu hamil

1. Terjadi pendarahan
Tanda keguguran yang umum terjadi pada ibu hamil yaitu keluarnya darah atau pendarahan yang bisa berupa bercak atau bahkan hingga terjadi pendarahan hebat. Jika terjadi pendarahan hebat maka jaringan yang robek ikut keluar dengan darah. Namun ada juga pendarahan normal yang terjadi pada saat kehamilan.

2. Kram pada bagian perut
Agak sulit mendeteksi tanda keguguran dari tanda ini karena kram pada perut ini rasanya hampir sama dengan kram perut yang terjadi pada awal haid. Namun dapat dipastikan menjadi tanda keguguran pada ibu hamil jika hal ini terjadi berulang – ulang dalam waktu yang lama pada daerah panggul.

3. Nyeri dibagian bawah perut
Tanda keguguran dini bisa dideteksi dari adanya rasa nyeri yang terjadi dibagian bawah perut dalam selang waktu yang lama. Nyeri ini terjadi disekitar bawah panggul, selangkangan, dan pada bagian daerah alat kelamin. Rasa sakit ini terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari. Baca juga: Perhatikan! 5 Tips Mencegah Keguguran saat Hamil Muda

4. Hilangnya tanda kehamilan
Jika Anda merasakan tubuh kembali seperti semula dimana tanda kehamilan seperti muntah, lelah, dan sakit pada bagian belakang hilang, bisa jadi ini merupakan tanda keguguran karena hilangnya hormon kehamilan.

5. Terbukannya serviks
Pada kehamilan yang sehat dan normal, serviks akan tertutup rapat hingga beberapa minggu sebelum melahirkan. Namun jika serviks telah terbuka lebih dini maka bisa jadi ini merupakan tanda keguguran hamil muda.

Segeralah menghubungi dokter kandungan jika tanda keguguran pada ibu hamil di atas terjadi pada Anda. Jagalah selalu kehamilan Anda dengan tidak melakukan kegiatan berat yang dapat membahayakan janin Anda, selain itu penuhi asupan nutrisi saat hamil.

6. Vagina Mengeluarkan Cairan.

Tanda tanda keguguran selanjutnya yaitu dengan ada cairan yang keluar dari vagina bunda, cairan yang keluar dari vagina bunda juga dapat berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa bun. Terkadang bunda pastinya akan mengira bahwa celana bunda basah karena mengompol, namun yang bunda dapatkan bukanlah urin bun.

Namun cairan yang keluar dari vagina bunda biasanya akan berbau dan nanti nya akan menyebabkan iritasi ataupun rasa gatal pada daerah kewanitaan bunda. Dan jika yang keluar terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, cobalah untuk menyimpannya dalam wadah untuk diperiksa dokter kandungan bunda.

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Ini 6 Tanda Keguguran Pada Ibu Hamil Ini!"