Waspadai Keputihan Saat Hamil!

No comment 1368 views

keputihan saat hamil

keputihan saat hamil – Pada saat hamil kebanyakan wanita mengalami perubahan salah satunya adalah keluarnya lendir dari vagina atau yang sering disebut dengan keputihan. Namun bagi anda yang sedang hamil tidak perlu khawatir karena keputihan pada ibu hamil merupakan hal yang normal dan wajar terjadi. keputihan saat hamil biasanya terjadi karena adanya pengaruh hormon yang diproduksi selama kehamilan yaitu hormon esterogen.

Tetapi anda juga harus tetap waspada karena perubahan hormon ini juga dapat mengubah keseimbangan keasaman vagina sehingga akan menyebabkan munculnya jamur yang bisa berakibat iritasi. Untuk itu lebih baik ibu hamil juga mewaspadai keputihan pada kondisi hamil karena juga bisa beresiko negatif pada kehamilan dan janin yang ada dikandungannya.

Ciri – ciri keputihan saat hamil yang perlu diwaspadai

Cara yang tepat untuk mewaspadai keputihan pada ibu hamil adalah mencari tau tentang keputihan dan juga ciri – ciri keputihan pada ibu hamil. Keputihan ada dua macam yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan pada ibu hamil bisa dikatakan normal apabila bertekstur encer, berwarna putih sedikit bening putih seperti susu, tidak menyebabkan gatal dan juga tidak berbau busuk. Sedangkan keputihan dikatakan abnormal atau tidak normal dan harus diwaspadai adalah teksturnya lebih kental dan lengket, lendir berwarna kehijauan atau kekuningan, bahkan sampai berwarna kecokelatan atau kemerahan, berbau tidak enak dan menyengat, dan juga menimbulkan rasa gatal dan kemerahan pada vagina.

Setelah mengetahui ciri – ciri yang seperti itu anda bisa berwaspada saat mengalami keputihan dalam kondisi hamil. Tapi tahukah anda mengapa keputihan berbahaya untuk kehamilan dan juga janin yang ada dalam kandungan ? karena keputihan bisa menganggu kehamilan dan janin yang ada dalam kandungan dikarenakan adanya infeksi vagina pada ibu yang hamil. Namun karena minimnya pengetahuan wanita hamil yang membuat mereka tidak terlalu mewaspadai keputihan pada saat hamil, padahal keputihan dalam kondisi wanita yang sedang hamil dapat menganggu proses kelahiran dan juga bisa meningkatkan resiko bayi lahir secara prematur, kontraksi, hingga pecah ketuban sebelum waktunya atau pecah ketuban dini. Selain itu, keputihan yang tidak diatasi dengan baik pada ibu hamil dapat menular pada janin saat kelahiran dan juga dapat menular kembali pada saat menyusui sehingga bisa menyebabkan penyakit mastitis atau peradangan puting susu dan payudara.

Nah itulah beberapa ciri – ciri keputihan saat hamil yang perlu anda waspadai. Untuk mengurangi resiko keputihan ibu hamil harus memperhatikan perubahan cairan yang keluar dari vagina dan juga rajin – rajinlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan kesehatan janin dan anda. Baca juga tentang Waspadai 5 Tanda Keguguran Pada Ibu Hamil Ini!

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Keputihan Saat Hamil!"