Yuk, Intip 5 Manfaat Apel untuk Wanita Hamil

apel

Selama hamil, apa Ibu suka mengonsumsi buah apel? Yup, kandungan apel memang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi wanita hamil. Apel juga sangat mudah didapatkan karena buah ini dapat berbuah di berbagai musim. Harga yang terjangkau pun membuat wanita hamil tidak merasa terbebani demi mendapatkan manfaat sehatnya.

Seorang wanita hamil memang diwajibkan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat demi menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Untuk itu, ibu hamil perlu berupaya memenuhi kecukupan gizi hariannya untuk mendukung hal tersebut. Yuk, simak manfaat  apel untuk wanita hamil berikut ini:

  • Menunda rasa lapar

Buah apel yang rasanya manis ini mampu mengendalikan kadar gula darah dan menjaga tingkat insulin agar tetap stabil. Hal inilah yang menunda rasa lapar lebih lama sehingga cocok untuk wanita hamil yang sedang menjalankan diet. Kandungan serat sebanyak 20 persen dari lima gram apel mampu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian dalam masa hamil.

  • Mencegah asma

Wanita hamil yang rutin mengonsumsi buah ini akan merasakan dampak positif untuk kesehatan janin. Selain itu, buah ini membantu memelihara kesehatan paru-paru, mencegah penyakit asma dan menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan pektin (serat) dan polifenol (antioksidan kuat) yang terkandung dalam apel dapat mereduksi kadar kolesterol darah serta mencegah oksidasi LDL. Sebaiknya, kulit apel tidak dikupas karena memiliki kandungan antioksidan enam kali lipat dari yang terkandung dalam daging apel.

  • Melawan kanker

Beberapa senyawa yang terkandung dalam buah renyah ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Konsumsi apel secara rutin mampu mengurangi risiko kanker mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium, dan prostat. Oleh karena itu, wanita hamil dianjurkan rutin menyantap apel agar senyawa baiknya terserap dengan secara optimal.

  • Memperkuat daya ingat

Senyawa yang terdapat dalam apel mampu meningkatkan produksi asetilkolin yang merupakan zat kimia untuk mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf. Dengan begitu, kandungan apel mampu menjaga ketajaman otak seiring dengan pertambahan usia dan meningkatkan daya ingat. Tentu saja manfaat ini harus Ibu gunakan dengan maksimal agar kemampuan otak berkembang dengan baik.

Nah, itulah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan wanita hamil dan juga calon buah hati tersayang. Yuk, rajin makan apel mulai hari ini!

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Intip 5 Manfaat Apel untuk Wanita Hamil"