Yuk, Intip Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

No comment 536 views

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

Bagi seorang ibu yang tengah mengandung, tidak ada hal yang lebih menggembirakan dari mendengar bahwa janin yang tengah Anda kandung berkembang dengan pesat dan dalam keadaan sehat. Mengetahui tiap perkembangan yang dicapai janin setiap minggu atau bulannya tidak hanya memberikan efek menenangkan sekaligus membantu mempererat ikatan yang Anda miliki dengan anak Anda, tetapi juga dengan demikian Anda dapat mengetahui sekaligus mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah pada perkembangan janin. Salah satu tahap yang paling monumental yang akan Anda alami adalah saat usia janin Anda mencapai 5 bulan. Bagaimanakah perkembangan janin usia 5 bulan?

Salah satu perkembangan janin usia 5 bulan yang paling menggembirakan adalah Anda sudah dapat merasakan bahwa bayi Anda menjadi sangat aktif. Bayi Anda sudah mulai memiliki kemampuan untuk menendang-nendang dinding rahim, dan Anda-pun mulai merasakan tendangan-tendangan kecilnya. Ia juga sudah mulai membentuk sebuah pola aktivitas yang bersifat tetap. Anda dapat dengan mudah mengetahui saat-saat dimana ia bergerak aktif maupun saat dimana ia sedang beristirahat. Dengan mengetahui pola aktivitas bayi Anda, Anda dapat segera mendeteksi seandainya terjadi perubahan pola aktivitas yang drastis dan dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.  Baca juga: Perkembangan Janin Usia 8 Bulan Yang Dinantikan

Organ pendengarannya pun sudah mulai berfungsi, dan pada usia kehamilan minggu ke-23 bayi Anda sudah dapat mendengar suara dari detak jantung Anda dan suara Anda. Itulah mengapa Anda diminta untuk lebih sering mengajaknya berkomunikasi, baik dengan membacakan buku cerita atau dengan bernyanyi. Hal tersebut ditujukan untuk lebih mengakrabkan bayi terhadap suara Anda sekaligus menenangkannya di saat ia merasa gelisah.

Tidak hanya perkembangan motorik dan respons yang mulai berkembang, fungsi-fungsi organ tubuhnya pun juga mulai mengalami perubahan. Janin sudah mulai dapat mengedipkan kedua matanya. Dan pada bayi berjenis kelamin laki-laki, organ testis (buah zakar) sudah mulai turun dari rongga panggul dan menempati tempatnya di skrotum. Beberapa organ tubuh, seperti pankreas pun sudah mulai menjalankan tugasnya yaitu untuk memproduksi beberapa hormon. Organ bibir bayi pun sudah mulai terbentuk, dan walaupun kulitnya masih tipis dan transparan akibat kurangnya lapisan lemak yang tersimpan di bawah kulit, berat badan bayi terus bertambah dengan pesat.

Anak Anda sudah mulai memiliki sistem pernapasan paru-paru yang lebih sempurna. Organ otak pun sudah mulai dilengkapi dengan sensor pengecap. Sistem-sistem syaraf yang lain dan organ jantung, sistem pembuluh darah, dan organ-organ tubuh lainnya juga terbentuk di usia kehamilan 5 bulan ini.

Demikianlah perkembangan janin usia 5 bulan. Tentunya tetaplah penting untuk menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi untuk mendukung kesempurnaan perkembangan organ janin. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Intip Perkembangan Janin Usia 5 Bulan"